Kamis, 18/04/2024 14:16 WIB

Menlu: Masalah Palestina bukan Isu Agama

Bangsa Indonesia harus memahami bahwa masalah Palestina bukan isu atau persoalan agama. Namun, masalah Palestina merupakan soal kemanusiaan.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

Jakarta - Bangsa Indonesia harus memahami bahwa masalah Palestina bukan isu atau persoalan agama. Namun, masalah Palestina merupakan soal kemanusiaan.

Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, seperti dilansir Antara, pada acara seminar "Geo-Political and Geo-Economic Shift in Indo-Pacific Region and Indonesian Foreign Policy", di Jakarta, Senin (18/12).

Menurutnya, berbagai upaya untuk membela Palestina dalam memperjuangkan hak dan kemerdekaannya merupakan kepentingan semua negara dan pemangku kepentingan di arena internasional.

"Isu Palestina bukan isu agama. Ini bukan hanya kepentingan Indonesia untuk membela Palestina, melainkan kepentingan semua negara di dunia," kata Retno.

Hal itu menanggapi sikap Presiden Amerika Serikan (AS) Donald Trump atas pengakuan secara sepihak soal Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Kata Retno, Indonesia bersama dengan negara-negara Organisasi Kerja sama Islam (OKI) mengecam tindakan Trump tersebut. Menurutnya, pemerintahan Indonesia sendiri telah berupaya melakukan diplomasi untuk menggalang dukungan internasional.

Salah satunya, Retno mengaku telah pergi ke Brussels, Belgia untuk bertemu dengan Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Federica Mogherini.

"Saya menerima informasi dari Mogherini bahwa Uni Eropa juga mengambil posisi yang sama (dengan Indonesia) terkait isu Palestina," terangnya.

KEYWORD :

Palestina Donald Trump Israel Menlu




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :