Jum'at, 26/04/2024 16:27 WIB

Menpora Canangkan 19 November Sebagai Hari Bersepeda

Menurut Menpora, Pencanangan ini menjadi momentum penting, deklarasi dari perwakilan komunitas se-Indonesia menjadi masukan penting Menpora yang akan meneruskan hal itu kepada Presiden.

Menpora Imam Nahrawi mencanangkan Hari Bersepeda Nasional setiap tanggal 19 November. Pencanangan ini bertepatan dengan berakhirnya Program Gowes Pesona Nusantara 2017 yang berakhir di kabupaten ke-90 di Sragen, Jawa Tengah, Minggu (19/11) siang. (Foto: Dok Humas Kemenpora)

Sragen - Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi mencanangkan Hari Bersepeda Nasional setiap tanggal 19 November. Pencanangan ini bertepatan dengan berakhirnya Program Gowes Pesona Nusantara 2017 yang berakhir di kabupaten ke-90 di Sragen, Jawa Tengah, Minggu (19/11) siang.

Menurut Menpora, Pencanangan ini menjadi momentum penting, deklarasi dari perwakilan komunitas se-Indonesia menjadi masukan penting Menpora yang akan meneruskan hal itu kepada Presiden untuk diberikan payung hukum berupa Keputusan Presiden (Keppres).

"Bersepeda telah dicontohkan para pendahulu dan pejuang bangsa selain menyatukan bangsa dapat merangkai keberbedaan, saat ini kita ulangi dan kembangkan lagi," ujarnya didampingi Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta dan Staf Ahli Yuni Poerwanti.

Pihaknya akan segera menyampaikan kepada Presiden terkait deklarasi dari perwakilan komunitas sepeda dari seluruh nusantara. "Dorongan dari komunitas bersepeda dalam penetapan HBN kepada saya akan segera di sampaikan kepada Bapak Presiden untuk menjadi ketetapan bersama semoga akan ada Inpres atau Keppres atau cukup menjadi turunan dari sebuah Inpres tentang Germas yaitu mungkin Menpora menetapkan hari bersepeda atau sebagainya," ujarnya.

"Ini merupakan follow up terkait kebiasaan Bapak Presiden membagi-bagikan sepeda dengan bersepeda secara nasional lebih dari itu kita coba tetapkan satu hari bersepeda nasional, pimpinan daerah harus memberi contoh baik melalui peraturan bupati atau lainnya," pesannya.

Salah satu cabang di Olimpiade Rio de Jeneiro adalah sepeda hal ini menurutnya pemasalan dan prestasi olahraga bersepeda berjalan seimbang. Sebelumnya dilakukan penyerahan sepeda Marta Murpeni salah satu atlet Gowes Pesona Nusantara 2017 yang digunakan bergowes pesona nusantara untuk disimpan di Museum Olahraga TMII. Sepeda ini juga mencetak rekor Muri karena telah digunakan menempuh jarak 5.124 km mengelilingi nusantara.

KEYWORD :

Menpora Imam Nahrawi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :