Jum'at, 26/04/2024 17:00 WIB

Jaringan Listrik Terangi 1.096 Desa Tahun Ini

Pemerintah juga berupaya untuk menerangi 80.332 rumah di lima provinsi, melalui pembagian Lampu Tenaga Surya

Tehnisi Perusahaan Listrik Negara (PLN)

Jakarta – Hingga menjelang akhir 2017, pemerintah menargetkan mampu menerangi 1.086 desa yang belum teraliri listrik. Hal itu diungkapkan oleh oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Wawan Supriatna, Rabu (8/11) di Makassar.

Menurut Wawan, pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan kapasitas 3.380 kW ditargetkan mampu melistriki 10.315 KK yang berada di 62 desa. Sedangkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) akan menerangi 80.332 KK di 1.034 desa.

“Energi adalah instrumen mewujudkan keadilan sosial, yakni energi harus tersedia, merata dan terjangkau,” ujar Wawan di depan perwakilan Dinas ESDM se-Indonesia dalam kegiatan Penyusunan Rasio Elektrifikasi, Rasio Desa Berlistrik, dan Konsumsi Listrik per Kapita Nasional Semester II Tahun 2017.

Wawan menambahkan, saat ini pemerintah juga berupaya untuk menerangi 80.332 rumah di lima provinsi, melalui pembagian Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE).

Paket LTSHE akan dibagikan kepada masyarakat lokal daerah yang berada di kawasan terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) atau jauh dari jangkauan PLN, sehingga sumber energi utama yang dapat diandalkan murni dari tenaga surya.

“Kita semua berharap program ini dapat berjalan lancar dan mampu memenuhi kebutuhan listrik di daerah 3T, sehingga dapat mendorong pencapaian salah satu visi Kementerian ESDM yakni mewujudkan pemerataan akses listrik demi terwujudnya energi berkeadilan di Indonesia,” terangnya.

KEYWORD :

Kementerian ESDM EBTKE Listrik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :