Kamis, 23/11/2017 09:00 WIB

Diambang Perang Dunia Ketiga, China Diam-diam Berpihak ke Korut

ICBM Korea Utara dapat disembunyikan dari pengintaian dengan persenjataan yang dapat ditempatkan di bunker, gudang dan gua di seluruh negara isolasionis.

Ilustrasi Beijing yang berpihak pada Pyongyang (Foto: Getty Images)

Jakarta - Gordon Chang, seorang pengamat Asia Timur menuduh Beijing memihak Pyongyang dengan memberinya teknologi militer sangat penting. Ia mengatakan, China memperjuangkan Korea Utara.

Pakar juga mengungkapkan, uji coba rudal balistik antar negara nakal (ICBM) Rusia pada 4 dan 28 Juli dibantu oleh China berkat peluncur mobile China, yang memungkinkan dilakukannya uji coba.

"Peluncur mobile tersebut membuat Korea Utara menjadi ancaman nyata karena rudal mereka sekarang dapat bersembunyi," kata Chang

Peluncur rudal mobile berarti, ICBM Korea Utara dapat disembunyikan dari pengintaian dengan persenjataan yang dapat ditempatkan di bunker, gudang dan gua di seluruh negara isolasionis.

Sumber tersebut juga mengungkapkan, hubungan China dengan pemimpin pemberontak Kim Jong-un pad Agustus tahun lalu, dengan uji coba rudal yang dilakukan di Korea Utara menirukan metode peluncur rudal JL-1 China.

"Itulah alasan mengapa Trump ingin mengunjungi negara Asia pada 4-14 November mendatang," katanya

"Trump akan baik ke China jika Beijing bekerja sama dengan Washington, dan ia akan bersikap kasar kepada China jika Washintong yakin Beijing melakukan kerja sama dengan Pyongyang," tambahnya dilansir express, Jumat (20/10)

Donald Trump akan mengunjungi Jepang, Korea Selatan, China dan negara-negara Asia Timur lainnya sebagai bagian dari perjalanannya ke kawasan yang akan berlangsung dari 3-14 November. Pada 8 November, Trump dijadwalkan akan menyambangi China untuk  Presiden China Xi Jinping.

Berita terbaru China membantu negara rahasia tersebut muncul karena baru-baru ini tertangkap meminta bantuan dari eksportir terbesarnya. Kemarin, Korea Utara mengirim sebuah pengiriman ke Beijing setelah Kongres Partai Komunis ke 19 di negara tersebut.

Partai Pekerja yang berkuasa di Korea Utara menyatakan, China  membuat kemajuan besar dalam mencapai penyebab membangun sosialisme dengan karakteristik Cina. Ia juga mengatakan merasa sangat senang, karena saingannya mengharapkan di Asia memiliki kesuksesan yang memuaskan.

China baru-baru ini mengumumkan akan memangkas impor batubara, tekstil, makanan laut dan pengiriman minyak ke Korea Utara dalam sebuah langkah yang sekarang dapat dilihat sebagai pengiriman sinyal beragam ke seluruh dunia di tengah ketegangan di semenanjung korea.

TAGS : Korea Utara China Rudal Amerika Serikat




TERPOPULER :