Selasa, 26/09/2017 00:06 WIB

Terdakwa Bakamla Berharap, Kader PDIP Ali Fahmi Ditangkap KPK

Politisi PDIP, Ali Fahmi

Jakarta - Deputi Informasi, Hukum dan Kerja Sama Badan Keamanan Laut (Bakamla) Eko Susilo Hadi berharap agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) turut menjerat kader PDIP, Ali Fahmi alias Fahmi Habsyi jadi pesakitan kasus dugaan suap pengadaan monitoring satelit di Bakamla.

Bahkan, Eko berharap staf khusus Kepala Bakamla Laksamana Madya Arie Soedewo itu ditangkap oleh lembaga antikorupsi. "Saya berharap dia (Ali Fahmi) ditangkap dan disidangkan, itu saja ya," ungkap Eko di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (17/7/2017).

Berdasarkan keterangan para saksi dalam persidangan dan berita acara pemeriksaan, kata Eko, dapat disimpulkan bahwa pelaku utama dalam kasus suap ini adalah Ali Fahmi.

Pasalnya, Ali Fahmi sejak awal telah mempertemukan Bakamla dengan Direktur Utama PT Melati Technofo Indonesia, Fahmi Darmawansyah. Bahkan, Ali Fahmi mengajak Fahmi Darmawansyah mengikuti pengadaan monitoring satelit. Selain itu, Ali Fahmi juga turut menerima uang yang cukup besar dari Fahmi Darmawansyah.

Eko sebelumnya divonis bersalah oleh majelis hakim pada Pengadilan Tipikor Jakarta. Ekos divonis 4 tahun 3 bulan penjara serta diwajibkan membayar denda Rp 200 juta subsider 2 bulan kurungan.

Eko yang juga merupakan Sekretaris Utama Bakamla dan kuasa pengguna anggaran (KPA) Satuan Kerja Bakamla Tahun Anggaran 2016 dinilai terbukti secara sah dan meyakinkan menerima 10.000 dollar AS, 10.000 Euro, 100.000 dollar Singapura, dan 78.500 dollar AS.

Hakim menilai pemberian uang  dilakukan untuk memenangkan PT Melati Technofo Indonesia yang dimiliki Fahmi Darmawansyah dalam pengadaan monitoring satelit Tahun 2016.

TAGS : Suap Bakamla KPK Eko Susilo Hadi




TERPOPULER :

TERKINI

Tampil Mengejutkan, Rossi Tuai Pujian

Penampilan mengesankan itu membuat pebalap asal Italia me...

Selangkah Lagi Gareth Barry Torehkan Rekor di Liga Inggris

Mantan pemain Manchester City, Gareth Barry selangkah lag...

Bupati Pamekasan Segera Jalani Sidang Pengadilan Tipikor

Hari ini, Senin (25/9/2017) tim penyidik melimpahkan berk...

Buset, Han Seo Hee Bocorkan Ukuran "Anu" T.O.P

Artis cantik tersebut membeberkan ukuran kelamin sang man...

Kingsman Jadi Film Terlaris di Amerika

Kingsman mendapat penghargaan sebagai film terlaris di Am...

Benzema Jadi Korban Kecelakaan

Penyerang Real Madrid Karim Benzema dikabarkan menjadi ko...