Jum'at, 05/03/2021 02:10 WIB

Kapal Wisata Tenggelam di Kolombia

Rekaman video yang beredar di media sosial memperlihatkan kapal itu miring dari satu sisi ke sisi lain saat orang bergegas turun dari dek atas ketika kapal itu mulai tenggelam.

Kapal Almirante yang tenggelam di Kolombia

Bogota  - Satu kapal wisata yang membawa 170 penumpang, terbalik di bagian barat laut Kolombia, Minggu (25/6) waktu setempat. Dikabarkan sembilan orang tewas dan 28 orang lainnya hilang.

Kapal bernama Almirante itu belum diketahui penyebab tenggelam di Bendungan Penol-Guatape, kota Pelancongan. "Pada saat ini, kami secara resmi menerima keterangan sembilan orang telah ditemukan tewas, dan sebanyak 28 orang lagi dilaporkan hilang," kata Margarita Moncada, Kepala Departemen Pencegahan Bencana di Pemerintah Regional Antioquia.

Dikatakan lagi, kebanyakan dari mereka diselamatkan oleh perahu lain atau menyelamatkan diri sendiri. Petugas rumah sakit pemerintahan, Rivera mengatakan, 15 orang lagi cedera dan diobati di rumah sakit tersebut. Beberapa helikopter Angkatan Udara Kolombia dikirim dan siap mengungsikan orang yang menderita cedera paling serius.

Dilansir Xinhua, kapal tersebut tenggelam dalam waktu yang sangat cepat, kata Luis Bernado Morales, Kapten Regu Pemmdam yang terlibat dalam upaya pertolongan. "Semuanya terjadi dalam hitungan menit."

Rekaman video yang beredar di media sosial memperlihatkan kapal itu miring dari satu sisi ke sisi lain saat orang bergegas turun dari dek atas ketika kapal itu mulai tenggelam. Dan beberapa kapal dengan bermacam ukuran segera bergegas ke lokasi "Almirante" tenggelam untuk berusaha menolong korban.

Beberapa orang yang menyaksikan tragedi tersebut dari pantai yang tak jauh mengatakan kapal itu,  kelihatannya kelebihan penumpang. Tapi Presiden Juan Manuel Santos menyatakan kapal tersebut berlayar dengan penumpang di bawah kapasitasnya.

"Saya telah diberitahu bahwa kapal tersebut memiliki kapasitas lebih besar dibandingkan dengan jumlah orang yang dibawanya. Jadi, bukan kelebihan penumpang yang menyebabkan kapal itu tenggelam," kata Presiden Kolombia tersebut kepada wartawan saat mengunjungi lokasi tenggelamnya kapal itu. (ant)

TAGS : Kapal Tenggelam Bogota Kolombia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :