Selasa, 28/01/2020 21:41 WIB

Sengketa Diplomatik, Pasukan Jerman Ditarik dari Incirlik

Menyusul perselisihan diplomatik antara Jerman dan Turki, 250 personel militer Jerman ditarik dari Incirlik, Turki.

Pasukan Jerman di Incirlik, Turki.(foto:nytimes)

Berlin - Menyusul perselisihan diplomatik antara Jerman dan Turki, 250 personel militer Jerman ditarik dari Incirlik, Turki. Semua peralatan militer Jerman akan dipindahkan ke basis al-Asraq Yordania.

Menurut Von der Loyen, Menteri Pertahanan Jerman, sehari sebelumnya Yordania telah mengkonfirmasi persetujuan untuk menjadi tuan rumah bagi pasukan Jerman tersebut. Pasukan Jerman yang tergabung dalam aliansi NATO itu menjadi bagian dari kampanye untuk melawan teror Negara Islam (ISIS).

Laporan Independent menyebut bahwa Kabinet Jerman pada Rabu (7/6) memutuskan untuk menarik garnisun, setelah perselisihan diplomatik antara kedua negara tidak mencapai kesepakatan. Turki menolak anggota parlemen Jerman mengunjungi pangkalan Angkatan Udara Jerman di Incirlik. Tindakan ini sebagai balasan atas penolakan Jerman menyerahkan perwira militer yang diduga terlibat dalam kudeta terhadap Presiden Recep Tayyip Erdogan tahun 2016 lalu.

Menteri Luar Negeri kedua negara gagal mencapai kesepakatan pada perundingan yang digelar pada Senin sebelumnya. Menanggapi hal tersebut, parlemen Jerman akan memberikan suara keputusan pada akhir bulan ini. Menurut media lokal Jerman, sebagian besar anggota parlemen sepakat untuk membuat mosi terhadap Turki.

"Jika Jerman memutuskan untuk menarik diri dari Incirlik, kita mungkin juga Ucapkan selamat tinggal," kata Erdogan pada Mei lalu, seperti dikutip dari NTimes.

Sementara Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu menegaskan pernyataan Erdogan, "Jika mereka ingin pergi, itu terserah mereka. Kami tidak mengemis. Merekalah yang ingin datang dan kami membantu mereka," ucapnya.

Sebelumnya, Jerman telah mengkritisi langkah Erdogan atas pemenjaraan lawan-lawan politiknya. Jerman juga menolak permintaan Turki untuk mengekstradisi sebagian dari mereka dan memberikan suaka kepada sejumlah wartawan, intelektual, perwira militer, diplomat dan keluarganya yang meninggalkan Turki.[]

TAGS : sengketa diplomatik jerman recep erdogan incirlik




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :