Jum'at, 26/04/2024 15:41 WIB

Ma`ruf Amin Tegaskan Tidak Ada Tempat untuk Khilafah

Ma’ruf Amin meminta sekolompok oknum tidak mengandai-andai untuk merubah sistem yang sudah ada.

KH Ma’ruf Amin

Jakarta – Menyikapi isu penyelenggaraan konferensi khilafah internasional yang sedianya akan dilaksanakan Minggu (23/4) di Jakarta, Rais Am Nadlatul Ulama (NU) KH Ma’ruf Amin menegaskan bahwa rakyat Indonesia sudah dipersatukan di bawah Pancasila. Dengan demikian, sistem khilafah tidak akan bisa diterapkan di NKRI.

“Indonesia kan sudah negara kesatuan, dengan sistem republik dan dengan pilar-pilar kebangsaan yang sudah disepakati. Jadi, kita tidak perlu lagi itu bicara khilafah. Sudah tidak ada lagi,” tegas Ma’ruf usai pembukaan Kongres Ekonomi Umat (KEU) di Jakarta, Sabtu (22/4).

Oleh karena itu, Ma’ruf meminta sekolompok oknum tidak mengandai-andai untuk merubah sistem yang sudah ada. Sebab tindakan tersebut selain dapat mengancam keutuhan NKRI, juga menimbulkan gejolak baru di tengah masyarakat.

“Para tokoh, masyarakat dari berbagai agama dan madzhab sudah sepakat dengan sistem (pancasila) ini. Jangan membuat sesuatu yang baru, nanti akan menimbulkan gejolak baru,” ujar Ma’ruf.

“Soal kebangsaan sudah selesai, kesepakatan pun sudah selesai. Ini jadi gaduh karena kelompok-kelompok baru yang menginginkan sistem lain,” pungkasnya.

KEYWORD :

Khilafah MUI Islam




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :