Jum'at, 26/04/2024 15:52 WIB

Si Tua Buffon, Akankah Mencicipi Gelar Champion?

Gianluigi Buffon memang tak lagi muda. Ikon kiper Italia dan Juventus ini, sekali lagi, melaju ke semifinal Liga Champions usai menahan serangan-serangan Barcelona di Camp Nou.

Gianluigi Buffon (hijau) selebrasi usai laga kontra Barcelona

Barcelona - Gianluigi Buffon memang tak lagi muda. Ikon kiper Italia dan Juventus ini, sekali lagi, melaju ke semifinal Liga Champions usai menahan serangan-serangan Barcelona di Camp Nou pada Kamis (20/4) dinihari WIB. Hasil imbang 0-0 cukup membuat klub asal Italia itu mulus melaju ke semifinal, setelah apda leg pertama di Turin mengalahkan Barcelona dengan skor 3-0.

Buffon adalah salah satu kiper, selain Manuel Neuer, telah memiliki banyak pengalaman dan gelar juara dunia. Namun, untuk liga Champions, Buffon belum pernah sekalipun menggenggamnya. Kemenangan agregat 3-0 atas Barcelona, memberikan waktu bagi Buffon yang rencananya akan mengundurkan diri musim ini, untuk dua langkah lebih dekat ke gelar klub di kancah liga Champion.

Bersama Juventus, Buffon pernah mencicipi final Champion pada tahun 2003. Hanya saja, Buffon urung mengangkat si kuping besar akibat kekalahan di babak penalti kontra AC Milan.

Kiper berusia 39 tahun itu, dalam partai liga Champion kali ini, memiliki catatan mengesankan. Hanya dua kali kebobolan dalam sembilan laga. Menurut catatan squawka, Buffon adalah kiper tua yang tampil clean sheet terbanyak, tujuh kali clean sheet.

"Ada tiga pertandingan lagi tersisa. Tiga pertandingan dengan standar yang sangat tinggi. Ada keseimbangan yang bagus antara keempat tim yang masih bersaing memperebutkan tropfi," ujar Buffon mengenai empat tim yang melaju ke final liga Champion.

Menurutnya, ia telah berpikir untuk memiliki kesempatan besar usai kemenangan 3-0 di leg pertama di Turin. Namun, kata Buffon, menahan Barcelona tanpa kebobolan saat berlaga di Camp Nou menunjukkan kami sangat kuat. Tentu saja, dalam hal ini, Buffon mengingatkan bahwa Juventus sekarang bukanlah Juventus dulu yang terjerembab ke Serie B Italia. Juventus sekarang, kata Buffon, adalah tim yang telah dewasa dan memiliki kepercayaan diri tinggi.

"Kami mungkin sudah berada di jalur yang benar sejak kekalahan itu. Kami sekarang lebih dewasa, dan mendekati permainan penting seperti ini kami lebih percaya diri," jelas Buffon.[]

KEYWORD :

gianluigi buffon liga champion juventus




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :