Selasa, 22/08/2017 19:52 WIB

Penyembuhan Bekas Luka Seperti Kulit Normal Akhirnya Ditemukan

Cara ini diklaim dapat menghilangkan bekas luka dari cedera jenis apa pun, seperti pasca bedah, kecelakaan, atau tergores benda tajam.

Ilustrasi (foto: SA)

JAKARTA - Bekas luka biasanya membuat orang risih. Apalagi, jika bekas luka yang Anda miliki terletak di tempat yang mudah terlihat. Walhasil, bekas luka yang tak seberapa malah menimbulkan minder atau rasa kurang percaya diri saat berinteraksi dengan orang lain.

Jangan khawatir, kini ilmuwan telah menemukan cara menyembuhkan luka tanpa menyisakan bekas luka sedikit pun. Cara ini diklaim dapat menghilangkan bekas luka dari cedera jenis apa pun, seperti pasca bedah, kecelakaan, atau tergores benda tajam.

Sebelumnya para ahli pesimis dapat mengembalikan bentuk kulit seperti sedia kala, setelah mengalami luka. Hal ini dikarenakan regenerasi di jaringan parut (permukaan bekas luka) mustahil diterapkan pada mamalia.

“Pada dasarnya kami akan melakukan manipulasi jaringan, sehingga dapat terbentuk regenerasi kulit ketimbang menyisakan bekas luka (jaringan parut),” ujar kepala Departemen Dermatologi, George Cotsareli, di Universitas Pennsylvania kepada Science Alert.

Cotsareli mengungkapkan penyembuhan dilakukan dengan menumbuhkan folikel (yakni struktur kulit tempat rambut tumbuh) rambut pertama. Setelah itu, jaringan lemak akan diperbaharui dalam menangkap sinyal dari folikel.

Jika Anda bertanya-tanya mengapa bekas luka terlihat berbeda dengan struktur kulit normal, maka jawabannya adalah karena bekas luka atau jaringan parut tidak memiliki sel-sel lemak atau folikel rambut, yang dimiliki oleh struktur kulit normal.

TAGS : Bekas luka gaya hidup sains




TERPOPULER :

TERKINI

Karpet Merah Sambut Partai Komunis Vietnam

Karpet merah digelar di Gedung Nusantara III DPR dan Gedu...

MPR Harapkan Kunjungan Partai Komunis Vietnam Tingkatkan Hubungan Bilateral

Sekretaris Jenderal Partai komunis Vietnam, Nguyen Phu Tr...

Kementerian Kesehatan Saudi Sepakat Perangi Rokok

Arab Saudi menandatangani kesepakatan dengan Al-Kaws Deve...

Anggaran Pertahanan Kecil, Sebuah Anomali Bagi Poros Maritim Dunia

Connie menyayangkan alokasi anggaran bidang pertahanan ta...

DPR: Pemerintah Tepat Minta MK Tolak Uji Materi Pegawai KPK

Sikap pemerintah yang meminta Mahkamah Konstitusi (MK) me...

Hidayat Nur Wahid : Mengenyam Pendidikan Adalah Hak Asasi Manusia.

Bangsa Indonesia digagas dan didirikan oleh para terpelaj...