Jum'at, 26/04/2024 17:07 WIB

Singapura Kecam Serangan Bom Bunuh Diri ISIS di Bandara Kabul

Pembom bunuh diri menyerang kerumunan orang yang berkumpul di luar bandara Kabul berharap untuk melarikan diri dari Afghanistan yang dikuasai Taliban.

Asap mengepul dari ledakan di luar bandara di Kabul, Afghanistan pada 26 Agustus 2021. Ledakan itu terjadi di luar bandara Kabul, tempat ribuan orang berbondong-bondong mencoba melarikan diri dari pengambilalihan Afghanistan oleh Taliban. (Foto: AP/Wali Sabawoon)

Singapura, Jurnas.com - Singapura mengutuk pengeboman di luar bandara Kabul pada Kamis (26/8), yang menewaskan 12 tentara Amerika Serikat (AS) dan 60 warga sipil

"Tindakan kekerasan ini sangat disayangkan dan tidak dapat dibenarkan," kata Kementerian Luar Negeri (MFA) Singapura Jumat (27/8).

Pembom bunuh diri menyerang kerumunan orang yang berkumpul di luar bandara Kabul berharap untuk melarikan diri dari Afghanistan yang dikuasai Taliban.

Dalam aksi teror ini, pelaku diduga menggunakan rompi berisi bom bunuh diri. Titik lokasi diduga terjadi di Gerbang Biara yang menuju bandara. Saat itu, pasukan AS sedang bertugas sedang menyaring warga sipil 

Sedikitnya 13 tentara AS tewas, kata Pentagon, dan pejabat kesehatan Kabul dikutip mengatakan 60 warga sipil tewas.

ISIS mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, dengan mengatakan salah satu pelaku bom bunuh diri menargetkan penerjemah dan kolaborator dengan tentara AS.

"Kami menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga para korban dan berharap yang terluka pulih sepenuhnya," kata juru bicara MFA.

"Singapura terus mendesak semua pihak, termasuk Taliban, untuk memastikan keselamatan warga sipil dan memfasilitasi keberangkatan warga asing yang ingin meninggalkan Afghanistan dengan aman dan tertib," sambungnya.

Kematian 12 tentara AS ini merupakan peristiwa terulang sejak Februari 2020. Sebelumnya, 11 tentara AS tewas pada 2020. Kemudian, 24 tentara tewas lagi pada 2019. Secara total, sejauh ini, militer AS sudah kehilangan 2.218 personelnya sejak mengivansi Afghanistan sejak September 2001.

KEYWORD :

Serangan Bandara Kabul Kelompok Teroris Singapura




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :