Kamis, 09/05/2024 14:59 WIB

AS Diam-diam Kirim Bos CIA Temui Pentolan Taliban

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengirim Direktur CIA, William Burns, untuk bertemu dengan pemimpin Taliban.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden (Foto: Reuters/Kevin Lamarque)

Washington, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengirim Direktur CIA, William Burns, untuk bertemu dengan pemimpin Taliban.

Ini merupakan pertemuan diplomatik tingkat tertinggi, sejak kelompok militan itu mengambil alih ibu kota Afghanistan, Kabul.

Direktur CIA William Burns bertemu dengan pemimpin Taliban Abdul Ghani Baradar di Kabul pada Senin (23/8) kemarin. Kabar ini disampaikan pejabat dan sumber anonim yang dikutip Reuters pada Selasa (24/8).

Pertemuan itu terjadi ketika pemerintahan Biden mengevakuasi warga dan sekutu AS lainnya, di tengah kekacauan di bandara Kabul menjelang tenggat waktu 31 Agustus untuk mundur.

Menurut laporan The Washington Post, pejabat anonim pertama kali melaporkan pertemuan tersebut. Sementara CIA dan Gedung Putih masih enggan berkomentar.

Pekan lalu, Biden mengatakan pasukan AS akan tinggal di Afghanistan melewati batas waktu untuk mengevakuasi warga Amerika.

Sementara pada Senin kemarin, dua sumber Taliban mengatakan kepada Reuters bahwa mereka tidak akan memperpanjang batas waktu bagi pasukan Barat untuk pergi.

KEYWORD :

Joe Biden Amerika Serikat Afghanistan Taliban




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :