Minggu, 28/04/2024 03:22 WIB

Kendaraan Niaga

UD Trucks Indonesia Rebut Juara Pertama Gemba Challenge

Tim UD Trucks asal Indonesia merebut gelar juara pertama di final kejuaraan Gemba Challenge 2016, yang berlangsung di Ageo Jepang

Tim UD Trucks Indonesia / UD

Ageo – Tim UD Trucks asal Indonesia merebut gelar juara pertama di final kejuaraan Gemba Challenge 2016, yang berlangsung di Ageo Jepang.

Kompetisi global mekanik UD Trucks yang digelar dua tahun sekali ini diikuti 1.156 peserta dari Thailand, Hong Kong, Taiwan, dan negara-negara di kawasan Afrika. Tim yang diberi nama Kerak Telur dari Astra International UD Trucks Indonesia keluar sebagai juara setelah mengalahkan 288 tim UD Trucks dari seluruh dunia.

Ajang Gemba Challenge pertama kali diadakan pada 2014, dengan tujuan untuk mengembangkan keterampilan, semangat tim dan kebanggaan di antara UD personil aftermarket garis depan. Dan tahun ini setiap tim terdiri dari empat orang mekanik, dengan dua putaran teori diadakan secara online.

“Jumlah peserta tahun ini mengalami peningkatan sebesar 57% dibanding dengan dua tahun sebelumnya yang hanya 185 tim. Hal ini membuat kompeitisi memiliki tantangan yang lebih besar bagi para peserta dari Indonesia, akan tetapi kami bangga Indonesia terpilih menjadi juara pertama,” ujar Ali Rachman, Head of Competence Development UD Trucks Indonesia, dalam pernyataannya di Ageo, Jepang (16/11).

Tahap final dalam kompetisi ini mencakup beberapa mata pelajaran yang diadu di dalam enam stasiun. Hadir di kompetisi sebanyak 11 tim, dua dari Indonesia, dua tim dari Thailand, empat tim dari Jepang, satu tim dari Malaysia, Taiwan, dan Afrika Selatan.

Menurut Purbo Yuwono, Service Department Head Astra International UD Trucks, selaku ketua Tim Kerak Telur, menjelaskan, tantangannya tidak hanya menguji kemampuan individu para mekanik, ahli komponen dan perwakilan layanan pelanggan, tetapi juga mempromosikan semangat tim dengan mendorong tim memecahkan masalah bersama-sama.

“Yang diutamakan bukan waktunya, akan tetapi mekanisme penyelesaian yang setara dengan standar UD Trucks, dan kami terbukti mampu setara dengan standar UD Trucks secara international,” pungkas Purbo.

Untuk dapat menyelesaikan enam stasiun yang diuji dalam pertandingan Gemba Challenge, seperti Diagnostics, Brakes, Electricks, Engine, Transmission, dan Commercial, diperlukan waktu pelatihan sekurangnya 50.000 jam.

Dengan adanya UD Gemba Challenge, dan UD Trucks going the extra mile melatih dan memotivasi para lini terdepan dan mekanik UD untuk dapat berkomitmen dalam menyediakan produk dan layanan dengan standar global. [yog]

 

KEYWORD :

UD Trucks UD Gemba Challenge 2016




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :