Minggu, 28/04/2024 04:00 WIB

BNPB: Presiden Perlu Tangani Langsung Bencana

Presiden Jokowi perlu turun tangan menangani langsung bencana yang terjadi di berbagai daerah yang ada di Tanah Air

Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  sangat mengharapkan Presiden Joko Widodo segera turun tangan langsung menangani bencana alam seperti banjir dan gempa karena masih ada pejabat di pusat dan daerah yang belum aktif mengatasi kebencanaan yang akhir-akhir ini terjadi di berbagai daerah.

Kepala Pusat Data dan Humas  BNPB, Sutopo Purwo Nugroho,  mengatakan Presiden Jokowi perlu turun tangan menangani langsung bencana yang terjadi di berbagai daerah yang ada di Tanah Air terutama karena masih ada kementerian dan lembaga pemerintahan nonkementerian yang belum aktif menangani kebencanaan yang terjadi di berbagai daerah.

"Presiden harus turun tangan, karena penanganan masalah ini harus dipercepat," kata Sutopo  ketika melakukan sosialisasi kebencanaan di LKBN Antara, di Jakarta, Kamis, (17/11).  

Kota Bandung dan Kabupaten Bandung baru saja mengalami bencana banjir besar seperti di Jalan Pasteur dan Dayeuhkolot. Sebelumnya Kabupaten Garut juga mengalami longsor, sehingga timbul korban jiwa luka-luka serta kerugian materiil.

BNPB mengingatkan masyarakat agar tidak menyulitkan diri mereka sendiri misalnya dengan membuang sampah sembarangan karena dapat mengakibatkan tersumbatnya saluran sungai. Di Jakarta misalnya kali Ciliwung menyempit karena banyak rumah yang dibangun sembarangan.

"Di Sinabung, Sumatera Utara masih ada 1900 kepala keluarga yang belum direlokasi, sedangkan baru 34 kepala keluarga saja yang sudah direlokasi." katanya. Sebagai perbandingan, rakyat Jepang sudah lama dididik tentang arti pentingnya mewaspadai bencana alam. Sementara itu warga Malaysia juga sudah mendapat pengetahuan tentang masalah kebencanaan.

Sutopo mengatakan penanganan banjir, gempa bumi dan lain-lain memerlukan dana triliunan rupiah yang dialokasikan ke berbagai kementerian dan lembaga nonkementerian termasuk BNPB. Karena itu harus dilakukan koordinasi seefisien mungkin supaya hasilnya maksimal.

KEYWORD :

Bencana banjir BNPB




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :