Jum'at, 26/04/2024 16:27 WIB

Jet Tempur Rusia Jatuh, NATO Cemaskan Warga Sipil Suriah

Admiral Kuznetsov adalah bagian dari sekelompok kapal perang Rusia yang belum lama ini dikerahkan ke dekat pantai Suriah. 

Suriah - Pesawat jet tempur MiG29 milik Rusia gagal mendarat di kapal induk Admiral Kuznetsov, dan kemudian terjatuh ke laut tengah atau Laut Mediterania. NATO mencemaskan, pesawat dari kapal induk itu digunakan untuk menyerang warga sipil Aleppo, Suriah.

Menurut pihak kementerian Rusia, dalam kejadian itu pilot jet selamat karena sempat melontarkan diri keluar dari pesawat. Jet itu menukik beberapa kilometer dari kapal induk, kemudian pilotnya dijemput oleh tim penyelamat. Kecelakaan itu merupakan akibat dari masalah teknis selama penerbangan pelatihan.

"Kesehatan pilot tidak dalam bahaya," kata kementerian pertahanan Rusia, yang menambahkan bahwa ia sudah siap untuk terbang lagi.

Admiral Kuznetsov adalah bagian dari sekelompok kapal perang Rusia yang belum lama ini dikerahkan ke dekat pantai Suriah.  Dikatakan bahwa operasi-operasi penerbangan tidak ditangguhkan.

Para pejabat AS yang dikutip Fox News mengatakan bahwa pesawat yang jatuh itu adalah MiG-29K. Pesawat itu dirancang khusus untuk menangani kesulitan beroperasi dari sebuah kapal induk di laut, dan diyakini merupakan versi pemutakhiran dari MiG-29, yang sudah beroperasi sejak tahun 1980-an.
Image copyright AFP

KEYWORD :

Jet Tempur MIG29 Jatuh Admiral Kuznetsov




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :