Senin, 29/04/2024 19:50 WIB

FBI Dituding Jadi Penyebab Kalahnya Hillary Clinton

Hillary mengungkapkan, tudingan itu berdasarkan memo dari tim suksesnya yang membuat jajak pendapat dan terjadinya perubahan jelang pemilihan.


New York - Calon Presiden Amerika Serikat, Hillary Clinton menyalahkan Direktur FBI, James Comey yang menjadi penyebab kekalahannya pada pemilihan Presiden 8 November lalu dari Donald Trump.  Itu diungkapkan Clinton saat  pangilan videonya dengan para donornya.

Hillary  mengungkapkan, tudingan itu berdasarkan memo dari tim suksesnya yang membuat jajak pendapat dan terjadinya perubahan jelang pemilihan. Menurut Clinton, keputusan Comey untuk mempublikasikan penyelidikan baru terkait emailnya membuat berkurangnya dukungan di Midwest.

Padahal inilah dalam sejarah Partai Demokrat kalah di Winconsin untuk pertama kalinya sejak 1984 dengan memilih kandidat dari partai lain.

Dilansir Cnn, Comey mengirim surat kepada Kongres AS hanya beberapa hari sebelum pemilu digelar. Isinya adalah pemberitahuan akan   membuka kembali  penyelidikan atas surat elektronik Hillary yang menggunakan email pribadi ketika ia menjabat sebagai menteri luar negeri AS pada 2009-2012.

Walau sepekan  kemudian, Comey mengumumkan bahwa ia tak menemukan adanya tindak kriminal dalam skandal email Hillary. Namun penyelidikan itu sudah terlanjur berdampak secara politik terhadap Clinton.

Dengan kondisi itu,  Trump berhasil memanfaatkan apa yang dilakukan Comey untuk menyerang dirinya. Walau dibersihkan, namun hal itu  digunakan Trump untuk menyatakan bahwa Clinton mencurangi sistem. Juru bicara FBI belum menanggapi tudingan Clinton ini.

KEYWORD :

Pemilihan Presiden Amerika Donald Trump Hillary Clinton




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :