Minggu, 28/04/2024 11:42 WIB

Lima Kebiasaan Sederhana Untuk Mencegah Alzheimer

Penyakit Alzheimer merupakan penyakit yang serius. Biasanya orang-orang yang terkena penyakit ini akan lupa dengan apa yang dia lakukan sebelumnya.

Illustrasi (foto: Immunophen)

Penyakit Alzheimer merupakan penyakit yang serius. Biasanya orang-orang yang terkena penyakit ini akan lupa dengan apa yang dia lakukan sebelumnya. Bahkan dengan daya ingat yang terbatas, penderita Alzheimer lupa akan keluarga, hingga dirinya sendiri.

Meskipun tergolong serius, dilansir Nature World, terdapat langkah-langkah pencegahan penyakit Alzheimer. Seperti apa?

  1. Rutin Berolahraga

Olahraga teratur memiliki banyak manfaat, di antaranya menangkal penyakit Alzheimer. Cobalah lakukan olahraga ringan tiga kali seminggu selama 40 menit, seperti berjalan santai, jogging, dan lain sebagainya.

  1. Minum kopi

Penelitian menunjukkan kopi dan kafein membantu menekan peningkatan plak amiloid di otak dan peradangan, yang keduanya merupakan karakteristik dari Alzheimer. Tiga cangkir setiap hari dapat menghindarkan Anda dari penyakit tersebut. 

  1. Meditasi atau Yoga

Meditasi atau yoga secara rutin sangat penting untuk perkembangan daya kerja otak Anda.

  1. Tidur

Orang dewasa memerlukan waktu tidur antara 7 hingga 9 jam dalam sehari, yang dilakukan untuk kesehatan otak Anda. Hindari menonton TV atau memainkan ponsel setidaknya 20 menit sebelum tidur, karena kebiasaan ini akan membuat otak Anda aktif lebih lama.

  1. Mengaktifkan Pikiran

Cobalah rutin melakukan kegiatan mengasah pikiran seperti membaca, menulis, bersosialisasi, belajar keterampilan baru atau menyelesaikan teka-teki, untuk membantu mengaktifkan pikiran Anda.

KEYWORD :

Penyakit Alzheimer Gaya Hidup Tips cegah Alzheimer




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :