Minggu, 19/05/2024 04:23 WIB

Suhu Abnormal terkait 2,6 Juta Kematian di Asia Setiap Tahun

Di Asia Tenggara, sekitar 190.000 kematian tahunan disebabkan oleh suhu yang tidak optimal, dengan sekitar 89 persen di antaranya terkait dengan dingin. 

Ilustrasi kekeringan

Bangkok, Jurnas.com - Lebih dari 5 juta kematian, termasuk sekitar 2,6 juta di Asia, dapat dikaitkan dengan suhu panas dan dingin yang tidak normal yang menjadi lebih umum karena perubahan iklim.

Menurut sebuah studi pertama dari jenisnya yang diterbitkan di The Lancet Planetary Health awal bulan ini, 9,4 persen kematian global selama dua dekade terakhir dapat dikaitkan dengan suhu ekstrem. Sebagian besar dari mereka disebabkan oleh cuaca dingin, tetapi perubahan iklim telah memperburuk risiko panas yang berbahaya.

Di Asia Tenggara, sekitar 190.000 kematian tahunan disebabkan oleh suhu yang tidak optimal, dengan sekitar 89 persen di antaranya terkait dengan dingin. Tetapi trennya bergeser di wilayah tersebut, dengan kematian terkait panas meningkat.

"Suhu dingin adalah masalah yang lebih besar daripada panas. Tetapi dengan perubahan iklim, suhu panas akan semakin serius," kata Yuming Guo, penulis laporan dan profesor Kesehatan Lingkungan dan Biostatistik Global di Universitas Monash.

"Ini dapat memberikan informasi yang sangat baik kepada berbagai tingkat pemerintahan tentang berapa banyak kematian yang terjadi akibat suhu panas dan dingin. Mereka dapat membuat rencana strategis untuk melindungi rakyatnya di masa depan," katanya kepada CNA.

"Saat ini, saya pikir banyak orang tahu bahwa suhu adalah risiko bagi kesehatan manusia, terutama panas dan dingin yang ekstrem. Kami dapat memberikan bukti ini," sambungnya.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal pembangunan berkelanjutan adalah yang pertama secara langsung menghubungkan kematian dengan suhu dalam skala global, dengan menganalisis data dari 43 negara dan 750 kota.

Ditemukan bahwa Eropa menderita tingkat kematian tertinggi karena panas antara 2001 dan 2019, dan Afrika sub-Sahara adalah yang paling terpengaruh oleh dingin yang tidak normal.

"Data mencakup zona iklim yang berbeda dan dapat diperluas ke negara lain tanpa data. Kami dapat menggabungkan hubungan dengan cuaca lokal dan tingkat kematian lokal untuk menghitung kematian terkait suhu di mana saja di seluruh dunia," kata Guo.

Dunia terus menghangat dengan cepat. Climate Action Tracker memprediksi 2,9 derajat Celcius pemanasan di atas tingkat pra-industri pada tahun 2100, berdasarkan kebijakan saat ini di seluruh dunia.

Studi internasional yang dipimpin oleh Guo menemukan bahwa rata-rata suhu harian ambien global meningkat pada tingkat rata-rata 0,26 derajat Celcius per dekade selama periode penelitian.

Sementara populasi secara bertahap dapat menyesuaikan diri dengan perubahan suhu, peristiwa ekstrem yang dipicu oleh perubahan iklim dapat secara langsung membahayakan kesehatan masyarakat.

Kondisi gelombang panas yang kuat telah melanda belahan bumi utara dalam beberapa pekan terakhir, menyebabkan ratusan orang meninggal di beberapa negara.

Guo mengatakan timnya berharap untuk lebih menyempurnakan data untuk menentukan berapa banyak kematian berlebihan yang disebabkan oleh peristiwa semacam itu.

William Goggins, seorang profesor di Fakultas Kedokteran di Chinese University of Hong Kong, yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan tingkat kematian yang tinggi akan menjadi kejutan bagi mereka yang tidak bekerja di bidang ini dan lebih banyak bukti perlunya pemerintah. untuk berinvestasi dalam mitigasi iklim, terutama di daerah perkotaan.

"Ada bagian dunia yang sudah sangat panas dan banyak orang di daerah ini tidak mampu membeli AC. Ada juga bahaya gelombang panas tiba-tiba di daerah di mana orang tidak terbiasa dengan panas dan mungkin tidak siap, bahkan jika mereka memiliki sumber daya untuk melakukannya," ujarnya.

"Kami telah melihat ini terjadi dan gelombang panas ini akan terjadi dengan tingkat keparahan dan frekuensi yang meningkat. Desain perkotaan yang lebih baik, dengan lebih banyak ruang hijau dan biru, dan orientasi bangunan yang memungkinkan penetrasi angin yang lebih baik, berpotensi mengurangi efek pulau panas perkotaan dan menurunkan mortalitas dan morbiditas terkait panas perkotaan," tambahnya. (CNA)

KEYWORD :

Suhu Abnormal Kematian Asia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :