Minggu, 28/04/2024 04:06 WIB

Bankir Pembunuh WNI Divonis Penjara Seumur Hidup

Dia sendiri mengaku bersalah atas tuduhan pembunuhan yang lebih ringan dalam kasus yang menyita perhatian media karena rekaman video yang dilihat oleh juri

Inggris - Seorang bankir Inggris bernama Rurik Jutting berusia 31 tahun, divonis penjara seumur hidup atas kasus pembunuhan sadis terhadap dua warna negara Indonesia yang disiksa dan diperkosa di apartemen mewahnya di Hong Kong pada tahun 2014.

Pelaku yang merupakan mantan karyawan Bank of America, membantah membunuh Sumarti Ningsih (23) dan Seneng Mujiasih (26)  dengan alasan hilang kesadaran karena pengaruh alkohol, penyalahgunaan narkoba dan gangguan seksual.

Dia sendiri mengaku bersalah atas tuduhan pembunuhan yang lebih ringan dalam kasus yang menyita perhatian media karena rekaman video yang dilihat oleh juri dan menunjukkan kebrutalan pembunuhannya. Juri sendiri secara bulat menilai yang bersangkutan bersalah atas pembunuhan dua WNI tersebut.

Jutting yang sempat mengenyam pendidikan di Cambridge, mengenakan kemeja biru dan memandang ke bawah tanpa menunjukan sedikitpun emosi ketika putusan itu dibacakan dalam ruang sidang terbuka yang penuh sesak oleh wartawan.

Juri yang terdiri atas empat perempuan dan lima laki-laki, membutuhkan waktu sekitar enam jam, termasuk waktu istirahat makan siang, untuk mendapatkan putusan tersebut.

Dalam pernyataan yang dibacakan oleh pengacara terdakwa Tim Owen, Jutting yang merupakan cucu dari seorang polisi Inggris di Hongkong dan wanita lokal Tiongkok, menyatakan penyesalannya.

"Kejahatan ini tidak akan pernah bisa saya perbaiki, bagaimanapun ... saya sangat menyesal. Saya minta maaf melebihi kata-kata saya," kata Jutting dalam pernyataannya.

Tim kuasa hukum berargumen bahwa Jutting kecanduan kokain dan alkohol dan juga memiliki serta gangguan kepribadian seksual sadisme seksual serta narsisme yang telah mengganggu kemampuannya untuk mengontrol perilakunya sendiri.

Jaksa penuntut sendiri menolak hal ini dan menyatakan Jutting mampu membentuk penilaian dan melakukan pengendalian diri sebelum dan sesudah pembunuhan, merekam penyiksaan Ningsih di iPhone-nya dan juga pada waktu rekaman yang menunjukan ia membahas pembunuhan, memakai kokain dan fantasi seksual grafisnya.

KEYWORD :

Bankir Pembunuh Sumarti Ningsih Seneng Mujiasih




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :