Minggu, 28/04/2024 07:04 WIB

Event

Formula 4 South East Championship Digelar di Sentul

Sukses dengan gelaran Clark International Speedway, para pebalap muda bersertifikasi FIA dari Formula 4 South East Championship (F4/SEA) siap berlaga di Indonesia.

Formula 4 South East Championship / F4

Kuala Lumpur – Sukses dengan gelaran Clark International Speedway di Filipina pada Oktober 2016 lalu, para pebalap muda bersertifikasi FIA dari Formula 4 South East Championship (F4/SEA) siap berlaga di Indonesia.

Melalui format enam balapan per akhir pekan, event ketiga dari enam gelaran tersebut dijadwalkan akan berlangsung 11-13 November di Sirkuit Internasional Sentul, Jawa Barat. Sentul International Circuit kali ini diberi kesempatan untuk pertama kalinya sebagai tuan rumah dari gelaran F4/SEA.

Untuk musim perdana F4/SEA, ronde di Indonesia akan menyuguhkan tantangan yang besar bagi para pebalap muda di sirkuit sepanjang 4,12 kilometer. Sentul International Circuit adalah sirkuit berorientasi searah jarum jam dengan lurusan utama 900 meter. Di antara karakteristik utama sirkuit ini yakni memiliki 11 tikungan.

Peter Thompson, Chairman Triple A, mengungkapkan, pihaknya senang bisa berlaga di Sentul International Circuit dalam ajang Formula 4 South East Asia Championship.

“Ditambah perwakilan lokal yang solid di grid, ini akan menjadi akhir pekan lomba yang menarik dan sangat menantang. Penyertaan Sentul ke dalam kalender adalah dorongan tambahan yang besar dalam rangka mewujudkan cita-cita kami membangun ekosistem motorsport Asia, ” ujarnya dalam keterangan resmi di Kuala Lumpur, Malaysia, baru-baru ini.

Sementara itu, Managing Director Triple A, Firhat Mokhzani, menjelaskan bahwa Sentul International Circuit terbukti selalu menjadi trek yang menarik dan menantang, khususnya bagi pebalap muda.

Trofi penghargaan Star Driver nantinya diberikan kepada pebalap yang mencetak poin terbanyak di akhir pekan, sehingga para peserta akan terus bersaing untuk mengalahkan rival-rival mereka pada enam balapan yang akan digelar di sepanjang akhir pekan.

Pemberian poin di kejuaraan F4/SEA selaras mengikuti sistem poin F1, di mana nantinya para peserta juga akan mendapat poin Super License yang sangat bernilai di akhir musim.

Kejuaraan F4/SEA merupakan salah satu dari 12 kejuaraan dunia dalam format global F4 FIA. Format F4/SEA secara khusus dirancang untuk membantu dan mengembangkan bakat-bakat muda motorsport di Asia melalui program dengan biaya yang lebih efisien. [yog]

KEYWORD :

Formula 4 South East Championship Sirkuit Sentul




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :