Minggu, 19/05/2024 22:03 WIB

Gus AMI Dorong Semua Karyawan Perusahaan Ikut Vaksinasi Gotong Royong

Kalau karyawan sehat perusahaan akan tetap produktif

Abdul Muhaimin Iskandar (Gus AMI), Ketua Umum DPP PKB / Wakil Ketua DPR-RI bidang Korkesra

Jakarta, Jurnas.com – Sebanyak 19 perusahaan melakukan vaksinasi mandiri, sebagai tanda telah dimulainya program vaksin gotong royong pada Selasa (18/5/2021).

Wakil Ketua DPR-RI bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar (Gus AMI) berharap semua perusahaan bisa mendaftarkan karyawannya ikut vaksinasi, mengingat cluater perusahaan adalah salah satu sumber penularan Covid-19.

"Cukup banyak klaster perusahaan dalam penularan Covid-19. Hal itu juga menyebabkan kerugian bagi perusahaan itu sendiri," kata Gus AMI, Selasa (18/5/2021).

Gus AMI yang juga Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyebut vaksinasi mandiri akan sangat menentukan keberhasilan penanggulangan pandemi covid-19 serta dampaknya.

"Kalau para karyawan sehat maka perusahaan juga akan tetap produktif,” ujar Gus AMI, Selasa (18/5/2021).

Vaksinasi mandiri merupakan wujud kontribusi pihak swasta atau perusahaan dalam mempercepat dan memperluas jangkauan vaksinasi nasional yang digagas oleh pemerintah.

Gus AMI selaku Ketua Tim Pengawasan Penanganan Bencana Covid-19 DPR mengatakan, kalau semua kita bergantung kepada pemerintah tentu ini berat.

"Makanya disinilah pentingnya gotong royong. Perusahaan yang selama ini sudah mendapatkan input dari para karyawan, sudah seharusnya memberikan servis, dalam hal ini layanan kesehatan kepada para karyawannya,” tuturnya.

Mengacu pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19, vaksinasi gotong royong atau mandiri bisa diikuti semua badan hukum/badan usaha. Karyawan/karyawati, keluarga, dan individu lain terkait dalam keluarga bisa diikutsertakan dalam program vaksinasi mandiri ini.

Keterlibatan pihak swasta, lanjut Gus AMI, akan mempercepat capaian target vaksinasi nasional. Dengan begitu, pandemi Covid-19 diharapkan bisa semakin cepat diatasi.

Gus AMI menilai program vaksinasi Covid-19 masih jauh dari target capaian. Mengacu pada data Dashboard Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan per hari ini, capaian vaksinasi masih cukup jauh dari target sasaran.

Dari total target sasaran sebanyak 40.349.049 orang yang meliputi tenaga kesehatan, lanjut usia dan petugas publik, untuk Vaksinasi Dosis I baru tercapai 34,58 persen atau setara 13.951.975 orang.

Sementara untuk vaksinasi dosis 2 baru tercapai 22,92 persen atau setara 9.247.600 penerima.

"Semakin cepat proses vaksinasi dilakukan, harapan kita semua pandemi ini segera berakhir,” tuntas Gus AMI.

KEYWORD :

Abdul Muhaimin Iskandar Gus AMI Covid-19 PKB vaksinasi mandiri gotong royong




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :