Senin, 20/05/2024 01:16 WIB

Rusia Klaim Vaksinnya Ampuh Lawan Covid-19 Varian Baru

Rusia mengklaim vaksin Covid-19 yang dikembangkan di negara tersebut, terbukti efektif melawan varian baru Covid-19.

Sputnik V, vaksin Covid-19 buatan Rusia (foto: Middleeast)

Moskow, Jurnas.com - Rusia mengklaim vaksin Covid-19 yang dikembangkan di negara tersebut, terbukti efektif melawan varian baru Covid-19.

Demikian disampaikan oleh Wakil Kepala Penelitian Rospotrebnadzor`s Institute of Epidemiology, Alenxander Gorelov pada Selasa (16/3), pasca melakukan uji coba.

Rospotrebnadzor mengungkapkan bahwa Rusia telah mengidentifikasi dua kasus pertama dari varian baru Covid-19, yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan.

"Faktanya, uji coba telah dilakukan di Rusia dan kami dapat mengatakan dengan yakin bahwa vaksin (Sputnik V dan EpiVacCoriona) yang terdaftar di Rusia juga bekerja melawan strain baru," ujar Gorelov dikutip dari Reuters pada Selasa (16/3).

Gorelov tidak memberikan perincian tentang uji coba. Namun dipastikan hasil penelitian terbukti ampuh, ketika relawan divaksinasi ulang dengan Sputnik V untuk melawan mutasi baru virus.

Melaporkan hasil uji coba minggu lalu, Menteri Kesehatan Mikhail Murashko mengatakan bahwa Sputnik V telah terbukti efektif melawan varian virus yang pertama kali terdeteksi di Inggris.

Tingkat antibodi penawar peserta terhadap varian itu tidak berbeda secara signifikan, dari tingkat yang terkait dengan jenis asli SARS-CoV-2, menurut Murashko.

Rospotrebnadzor mengatakan sejauh ini telah melakukan 8.159 tes untuk mutasi virus corona. Lembaga itu mengumpulkan dan menguji sampel dari berbagai orang, termasuk mereka yang baru-baru ini bepergian ke luar negeri atau diduga terinfeksi virus corona untuk kedua kalinya.

Varian yang terkait dengan Afrika Selatan pertama kali diidentifikasi di Rusia pada Desember tahun lalu, yang saat ini menjadi kasus paling banyak.

 
KEYWORD :

Vaksin Covid-19 Program Vaksinasi Rusia Sputnik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :