Jum'at, 03/05/2024 15:36 WIB

Kasus Suap Izin PLTU 2, Petinggi PT Cirebon Power Mangkir dari Pemeriksaan KPK

Petinggi PT Cirebon Power itu sedianya diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap terkait perizinan PT Cirebon Energi Prasarana yang menggarap PLTU 2 Cirebon

Plt Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri

Jakarta, Jurnas.com - Corporate Affair Director PT Cirebon Power, Teguh Haryono mangkir atau tidak memenuhi panggilan pemeriksaan yang dilayangkan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Petinggi PT Cirebon Power itu sedianya diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap terkait perizinan PT Cirebon Energi Prasarana yang menggarap PLTU 2 Cirebon yang menjerat GM Hyundai Engineering & Construction (HDEC), Herry Jung.

"Yang bersangkutan tidak hadir," kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri saat dikonfirmasi, Rabu (17/2).

Ali memastikan tim penyidik akan menjadwalkan ulang pemeriksaan Teguh. Namun, Ali belum mengetahui secara pasti jadwal pemeriksaan Teguh.

"Akan dilakukan penjadwalan pemeriksaan kembali," kata Ali.

Belum diketahui materi yang bakal didalami penyidik dalam pemeriksaan terhadap Teguh. Namun, KPK sempat meminta Ditjen Imigrasi untuk mencegah Teguh bersama VP Director PT Cirebon Electric Power Heru Dewanto untuk bepergian ke luar negeri selama enam bulan pada November 2019 lalu.

Pelarangan itu dilakukan dalam proses penyidikan kasus gratifikasi dengan tersangka mantan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra saat itu.

PT Cirebon Power sendiri merupakan konsorsium pemilik pembangkit PLTU 2 yang berlokasi di Desa Kanci Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon.

Konsorsium ini terdiri dari korporasi multi nasional yaitu Marubeni (Jepang), Indika Energy (Indonesia), KOMIPO, Chubu dan Samtan (Korea).

Herry jung telah ditetapkan sebagai tersangka bersama Direktur Utama PT Kings Property Indonesia, Sutikno pada 15 November 2019. Namun, hingga saat ini KPK belum melakukan penahanan.

Dimana, Herry Jung diduga telah menyuap Sunjaya Purwadisastra selaku mantan Bupati Cirebon senilai Rp6,04 miliar, dari janji Rp10 miliar, terkait dengan perizinan PT Cirebon Energi Prasarana PLTU 2 di Kabupaten Cirebon.

KEYWORD :

KPK PT Cirebon Power Teguh Haryono Herry Jung Hyundai Engineering & Construction




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :