Rabu, 01/05/2024 05:31 WIB

Inggris Mendaftar untuk Bergabung Dengan Perdagangan Bebas Asia-Pasifik

Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik (CPTPP), mencakup Australia, Kanada, Jepang, dan Selandia Baru.

Liz Truss akan berbicara dengan menteri dari Jepang dan Selandia Baru pada hari Senin.

Jurnas.com - Inggris mendaftar untuk bergabung dengan area perdagangan bebas yang terdiri dari 11 negara Asia dan Pasifik, di bawah rencana pasca-Brexit.

Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik (CPTPP), mencakup Australia, Kanada, Jepang, dan Selandia Baru.

Secara total, ini mencakup pasar sekitar 500 juta orang, menghasilkan lebih dari 13% pendapatan dunia.

Menteri Perdagangan Internasional Liz Truss akan membuat permintaan pada hari Senin, dengan negosiasi diharapkan pada musim semi.

Ada 11 negara dalam perjanjian perdagangan CPTPP yang dibentuk pada 2018: Australia, Brunei, Kanada, Chili, Jepang, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Peru, Singapura, dan Vietnam.

AS awalnya dalam pembicaraan untuk menjadi bagian dari CPTPP, tetapi mantan Presiden Donald Trump menarik diri ketika dia menjabat.

Tujuan utama dari kesepakatan itu adalah untuk memotong tarif perdagangan, suatu bentuk pajak, seperti pajak perbatasan antar negara anggota.

Ini termasuk janji untuk menghilangkan atau mengurangi 95% dari biaya impor meskipun beberapa dari biaya ini dilakukan untuk melindungi beberapa produk buatan sendiri, misalnya beras Jepang dan industri susu Kanada.

Sebagai imbalannya, negara harus bekerja sama dalam regulasi, seperti standar pangan. Namun, standar dan peraturan ini tidak harus identik, dan negara anggota dapat membuat kesepakatan perdagangan mereka sendiri.

KEYWORD :

Inggris Perdagangan Bebas CPTPP Liz Truss




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :