Sabtu, 04/05/2024 12:57 WIB

Jokowi Pilih Tri Rismaharini jadi Mensos

Presiden Jokowi menunjuk Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau Risma sebagai Menteri Sosial (Mensos) menggantikan posisi Juliari Batubara yang terjerat kasus dugaan korupsi Bansos Covid-19.

Tri Rismaharini

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Jokowi menunjuk Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau Risma sebagai Menteri Sosial (Mensos) menggantikan posisi Juliari Batubara yang terjerat kasus dugaan korupsi Bansos Covid-19.

Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma`ruf Amin mengumumkan sejumlah menteri yang akan duduk di kabinet Indonesia Maju.

"Ibu Tri Rismaharini, saya kira kita tahu semuanya beliau adalah wali kota Surabaya dan saat ini Bu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab untuk menjadi Menteri Sosial," kata Jokowi, dalam tayangan video YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (22/12).

Risma mengawali karier sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkot Surabaya. Pada 1997, Risma menjabat Kepala Seksi Tata Ruang dan Tata Guna Tanah Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya.

Pada rentang 1997-2008, Risma menduduki enam jabatan di Pemkot Surabaya. Kemudian pada 2008-2010, ia dipercaya menduduki kursi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya.

Setelah duduk di birokrasi, Risma memutuskan maju sebagai Calon Wali Kota Surabaya. Ia memenangkan Pilkada Surabaya 2020 bersama Bambang Dwi Hartono.

Perempuan kelahiran Kediri, 20 November 1961 menjabat Wali Kota Surabaya selama dua periode. Pada 2015, Risma berpasangan dengan Whisnu Sakti Buana.

Selama memimpin Surabaya, Risma dikenal publik sebagai wali kota berprestasi. Salah satu penghargaan yang membuat Risma jadi sorotan publik adalah Wali Kota Terbaik Ketiga di Dunia versi World Mayor Project pada 2015.

Surabaya di bawah kepemimpinan Risma juga meraih anugerah Adipura Kencana. Penghargaan ini diberikan karena Surabaya meraih Adipura selama tiga tahun berturut-turut. Hanya Surabaya yang telah meraih penghargaan ini.

Di dunia politik, Risma bergabung dengan PDIP. Pada kepengurusan PDIP periode 2019-2024, Risma masuk jajaran elite PDIP.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menunjuk Risma menjadi Ketua DPP PDIP Bidang Kebudayaan. Dalam jumpa pers di Jakarta, Mega mengatakan mengangkat Risma karena menunjukkan prestasi di Surabaya.

KEYWORD :

Menteri Jokowi Mensos Tri Rismaharini




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :