Sabtu, 04/05/2024 06:48 WIB

BPPSDMP Kementan Genjot Regenerasi Petani 2021

Begitu juga keberhasilan suatu pembangunan pertanian akan terwujud manakalah kaum milenialnya bangkit.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan), Dedi Nursyamsi saat memberikan sambutan Ekspose Kinerja BPPSDMP Tahun 2020 melalui virtual, Jakarta 18 Desember 2020. (Foto tangkap layar/jurnas.com )

Jakarta, Jurnas.com - Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian (Kementan) akan terus melakukan regenerasi petani 2021.

Demikian kata Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian, Leli Nuryati pada paparannya di acara "Ekspose Kinerja BPPSDMP Tahun 2020", yang digelar secara virtual, Jakarta, Jumat (18/12).

"Seperti arahan Pak Kapala Badan BPPSDMP, Dedi Nursyamsi agar terus melakukan regenerasi petani," ujar Leli.

Leli mengatakan, BPPSDMP telah melakukan sejumlah langkah untuk melakukan regenerasi petani di antaranya melakukan pendidikan vokasi pertanian tahun depan yang ditargetkan sebanyak 6.701 orang lebih.

"Tahun depan juga BPPSDMP menargetkan penumbuhan wirausaha pertanian sebanyak 822 kelompok dan fasilitasi kewirausahaan dan ketenagakerjaan pemuda sebanyak 5.000 orang," tambahnya.

Selain itu, lanjut Leli, BPPSDMP juga akan terus melakukan pengembangan program pendidikan tinggi, kedinasan dan diklat di 34 provinsi.

Pada kesempatan yang sama, Dedi mengatakan, petani muda milenial walaupun jumlahnya sedikit, tapi pengaruh dan dampaknya terhadap pembangunan pertanian luar biasa sangat signifikan.

Bahkan, menurut Dedi, keberhasilan suatu bangsa dan negara ditentukan kebangkitan milenialnya. Begitu juga keberhasilan suatu pembangunan pertanian akan terwujud manakalah kaum milenialnya bangkit.

"Karena itu, kita sebagai insan pertanian, sebagai birokrat, sebagai pegawa negeri atau sebagai penyuluh harus senantiasa mendorong petani milenial. Insyallah tahun 2021, kita akan bangun terus Kostratani di seluruh pelosok Tanah Air," ujar Dedi.

"Kita berdayakan penyuluhnya, kita berdayakan petaninya, Balai Penyuluh Pertanian, petani milenial, Kelompok Wanita Tani. Semua kita berdayakan. Kita sama-sama bangun sdm pertanian Indonesia agar bertul-betul profesional,mandiri dan berdaya saing," tambahnya.

KEYWORD :

BPPSDMP Kementan Regenerasi Petani 2021 Dedi Nursyamsi Leli Nuryati




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :