Senin, 13/05/2024 05:18 WIB

Legenda Timnas Italia Paolo Rossi Tutup Usia

Pahlawan Italia di Piala Dunia 1982 itu tutup usia setelah berjuang melawan penyakit.

Paolo Rossi (Foto: Goal)

Milan, Jurnas.com - Legenda tim nasional Italia, Paolo Rossi meninggal dunia pada Kamis (10/12) dini hari di usia 64 tahun. Pahlawan Italia di Piala Dunia 1982 itu tutup usia setelah berjuang melawan penyakit.

Dikutip dari Goal, kematian Rossi diumumkan pada Kamis dini hari oleh saluran televisi Italia RAI Sport, yang selama ini menjadi tempat dia bekerja sebagai pakar.

Mantan penyerang Juventus dan AC Milan itu membawa Italia ke kejayaan Piala Dunia di Spanyol pada 1982, dan memenangkan Bola Emas individu dan Bola Emas turnamen dengan enam golnya.

Rossi mencetak hat-trick dalam kemenangan 3-2 yang terkenal melawan Brasil, sebelum mencetak kedua gol di semifinal melawan Polandia, dan mendapatkan gol pembuka penting di final melawan Jerman Barat, yang kemudian dimenangkan oleh Italia 3-1 dan merebut gelar Piala Dunia ketiga mereka.

Dalam memenangkan gelar Piala Dunia, Bola Emas dan Sepatu Emas, Rossi menjadi pemain pertama yang memegang ketiga gelar secara bersamaan, hingga prestasi tersebut disamai oleh Ronaldo Nazario pada tahun 2002.

Setelah turnamen 1982 silam, eksploitasi luar biasa Rossi di sepak bola internasional dan klub diakui ketika dia dianugerahi Ballon d`Or untuk tahun itu.

Karier internasional Rossi termasuk 48 caps dan 20 gol untuk Italia tercinta antara 1977-1986

Memulai karir klubnya bersama Vicenza dan kemudian berkembang bersama Perugia, Rossi mengukuhkan dirinya sebagai bintang tak lama setelah bergabung dengan Juventus pada tahun 1981.

Rossi yang juga dikenal sebagai Pablito, juga pernah bermain bersama Milan dan Verona di akhir karirnya, serta bersama Como tim yang pernah ia debut di Serie A.

Dia mencetak 134 gol dalam 338 pertandingan klub, dan secara luas dianggap sebagai salah satu penyerang terbaik pada masanya.

Rossi memenangkan gelar Serie A dua kali bersama Juventus pada 1981-82 dan 1983-84, dan juga mengangkat Piala Eropa bersama Nyonya Tua pada 1984-85.

Bahkan setelah menyelesaikan karir bermainnya, Rossi tetap terlibat dalam permainan sebagai kolumnis dan pakar.

"Berita yang sangat menyedihkan, Paolo Rossi telah meninggalkan kami," kata presenter RAI Sport Enrico Varriale saat mengumumkan kepergiannya.

"Pablito yang tak terlupakan, yang membuat kami semua jatuh cinta pada musim panas tahun 1982 dan yang merupakan rekan kerja yang berharga dan kompeten di RAI selama beberapa tahun terakhir. RIP sayang Paolo," tutup dia.

KEYWORD :

Paolo Rossi Timnas Italia Legenda Sepak Bola




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :