Sabtu, 28/11/2020 03:44 WIB

Keutamaan Membaca Asmaul Husna, Bisa Tenangkan Hati

Dengan mengenal kebesaran Allah melalui nama-namanya, kita akan semakin yakin bahwa tidak ada yang patut untuk disembah melainkan Allah SWT.

Ilustrasi Asmaul Husna (foto: Islam.NU)

Jurnas.com - Allah SWT memiliki nama-nama yang sangat indah dan mulia. Di dalam Al-Qur’an, nama-nama Allah dikenal dengan sebutan Asmaul Husna yang berjumlah 99. Nama-nama ini merupakan sifat-sifat Allah SWT yang menggambarkan bahwa Allah SWT sebagai pemilik dan penguasa segala sesuatu yang ada di dunia ini.

Umat muslim sangat dianjurkan untuk membaca dan meresapi makna dari Asmaul Husna beserta artinya. Dengan membaca dan meresapi nama-nama Asmaul Husna beserta artinya, kita akan menjadi jauh lebih mengenal Allah SWT. Dengan mengenal kebesaran Allah melalui nama-namanya, kita akan semakin yakin bahwa tidak ada yang patut untuk disembah melainkan Allah SWT.

Beberapa nama-nama Allah SWT yang ada dalam Asmaul Husna antara lain, Ar Rahman artinya Yang Maha Pengasih, Ar Rahiim artinya Yang Maha Penyayang,  Al Malik artinya Yang Maha Merajai, Al Quddus artinya Yang Maha Suci, As Salaam artinya Yang Maha Memberi Kesejahteraan, Al Mu`minun artinya Yang Maha Memberi Keamanan, Al Muhaimin artinya Yang Maha Mengatur, dan Al Aziz artinya Yang Maha Perkasa.
Selain lebih mengenal Allah SWT, membaca Asmaul Husna dan artinya memiliki sejumlah keutamaan. Adapun manfaat dari membaca Asmaul Husna antara lain:

Mendapatkan ketenangan hati

Orang-orang yang mengingat Allah SWT melalui nama-namanya dalam Asmaul Husna mendapatkan ketenangan hati. Hal ini disebutkan dalam Surah Ar-Rad ayat 28 yang berbunyi “Orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram”.

Keimanan bertambah

Membaca Asmaul Husna secara terus menerus tentunya akan menambahkan kadar keimanan kita. Dengan demikian kita akan lebih banyak berpikir dan meresapi nama-nama Allah Yang Maha Suci yang akan meningkatkan keimanan di dalam hati.
Jalan dikabukkannya doa.

Orang-orang yang senantiasa berdoa kepada Allah SWT yang didahului dengan membaca Asmaul Husna niscaya akan lebih mudah dikabulkan doanya. Ini disebutkan Allah SWT dalam Surah Al-A’raf ayat: 180 yang berbunyi “Hanya milik Allah Asmaaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmaaul Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan."

Senantiasa bersyukur

Dengan membaca Asmaul Husna, orang akan lebih sering bersyukur di dalam hidupnya. Asmaul Husna mengajarkan kita untuk mengetahui bahwa tidak ada kenikmatan dan keselamatan yang diberikan dalam hidup selain dari Allah.

Membaca dan mempelajari Asmaul Husna kini bisa Anda lakukan melalui ponsel pribadi Anda. Seperti yang disediakan oleh Tafsirweb. Aplikasi ini menyediakan sarana pembelajaran Asmaul Husna dan tafsir Al-Qur’an secara lengkap dan praktis.

Di samping itu, website ini memberikan akses untuk mempelajari tafsir Al-Qur’an dengan beragam versinya. Di antaranya yakni, Tafsir Kementrian Agama Republik Indonesia, Tafsir Kementerian Agama Saudi Arabia, dan lain sebagainya. Semua versi tafsir tersebut tersedia gratis untuk dibaca.

TAGS : Nama Allah Hati Tenang




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :