Minggu, 19/05/2024 14:22 WIB

Harga Tomat Anjlok, Pasar Mitra Tani Boyong Tomat Petani di Bandung

Belakangan harga tomat di kisaran Rp1.000-Rp1.500 hingga pernah mencapai Rp800.

Tomat (Foto: Muti/Jurnas.com)

Bandung, Jurnas.com -  Badan Ketahanan Pangan (BKP) melalui Pasar Mitra Tani melakukan pembelian langsung tomat petani pada salah satu sentra produksi tomat di Kabupaten Bandung dan Bandung Barat.

"Upaya ini kami lakukan, untuk membantu petani tomat yang saat ini produksinya lebih sehingga harganya jatuh," ujar Kepala BKP, Agung Hendriadi dalam keterangan persnya, Jumat (14/8).

Menurutnya untuk tahap awal ini, tidak kurang dari 2,6 ton tomat telah dibeli langsung ke petani dan kemudian dipasarkan melalui Pasar Mitra Tani. Karean itu, ia berharap langkah ini mampu menggerakan kenaikan harga yang wajar di tingkat petani.

"Tidak hanya dalam kondisi harga normal, pada saat harga anjlok ini Pasar Mitra Tani hadir untuk membantu memasarkan agar terserap, sehingga dapat mengurangi over suplay di tingkat produsen, tentunya juga mendorong harga kembali wajar di tingkat petani," tambahnya.

Selain di pusat, tambah Agung, seluruh provinsi di Indonesia juga memiliki Pasar Mitra Tani yang akan melakukan langkah serupa dalam upaya stabilisasi pasokan dan harga di wilayahnya masing masing.

Dodih, Ketua Gapoktan Lembang Agri yang berlokasi di Desa Cikidang, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat menjelaskan, anjloknya harga tomat saat ini karena panen sedang berlimpah. Belakangan harga tomat di kisaran Rp1.000-Rp1.500 hingga pernah mencapai Rp800.

"Dalam kondisi normal kami sudah terbiasa dengan fluktuasi harga, namun kondisi pandemi ini kami lebih berat karena kendala pemasaran juga, terus harga terjun seperti ini. Sekarang dibeli langsung oleh Pasar Mitra Tani, kami amat sangat merasa terbantu," ujar Dodih.

Dodih menambahkan anjloknya harga tomat saat ini terbilang belum menguntungkan para petani. Sebab, biaya produksi lebih besar dibandingkan harga jual sekarang.

Harga jual yang menguntungkan menurutnya jangan sampai kurang dari Rp3.500. Karena itu, pembelian langsung oleh Pasar Mitra Tani seharga Rp.4000 per kg sangat berharga baginya.

"Kami merasa terbantu, masih ada yang peduli dengan petani melalui aksi nyata seperti ini, alhamdulillah kita masih bisa optimis kedepan, harapan saya program ini terus berjalan, beli langsung dari petani sehingga ada kepastian ke depan," tuturnya.

Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan Risfaheri menambahkan jika pembelian langsung oleh Pasar Mitra Tani untuk tahap awal ini selain dari Gapoktan Lembang Asri juga dari Kelompok Tani Putra Cinta Asih di Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung.

Ke depan pembelian langsung dalam kondisi seperti ini akan terus dilakukan di wilayah sentra produksi yang mengalami penurunan harga. "Selain membantu petani mendapatkan harga yang wajar, Pasar Mitra Tani juga mendekatkan konsumen untuk mendapatkan harga yang terjangkau," ungkapnya.

KEYWORD :

Harga Tomat Tanaman Tomat Harga Tomat Anjlok




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :