Minggu, 28/04/2024 05:53 WIB

Saat Dilamar Jadi Cagub, Agus Yudhoyono Baru Pulang Latihan dari Darwin

Agus Yudhoyono diusung empat partai politik untuk maju pada Pilkada DKI.

Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni

JAKARTA - Sebuah keputusan yang tidak mudah. Begitu kata putra mantan presiden SBY, Agus Harimurti Yudhoyono saat memberikan sambutan resmi tentang kesiapannya sebagai cagub DKI di kantor DPP Demokrat, Wisma Proklamasi, Menteng, Jakarta, Jumat malam (23/9/2016).

Sambutan resmi kesiapan menjadi cagub disampaikan Agus setelah dirinya mendaftar sebagai cagub dengan bersanding dengan cawagub Sylviana Murni di KPUD DKI.

Agus menceritakan bagaimana dirinya harus mengambil keputusan cepat saat dilamar sebagai cagub DKI oleh empat partai politik PKB, Demokrat, PPP dan PAN. Waktu itu, kata dia, dirinya merasa dihujam kebimbangan.

Pasalnya, kata dia, dirinya tidak pernah menyangka akan mendapatkan permintaan yang konsekuensinya harus meninggalkan lembaga militer yang membesarkannya. Apalagi, kata dia, saat itu ia baru tiba di Indonesia sehabis menjalani tugas latihan militer di Darwin, Australia.

"Tetap mengambil jalan karir saya di militer atau pengabdian di lingkungan berbeda. Dua hari lalu, ada empat parpol, PAN, PKB, PPP dan partai Demokrat serta sejumlah kalangan masyarakat yang meminta saya untuk dicalonkan sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Sedangkan Waktu yang saya miliki untuk mendapatkan keputusan menjawab permintaan tersebut amat terbatas. Saya baru kembali dari Darwin membawa pasukan yang saya pimpin latihan bersama antara TNI dengan angkatan darat Australia," cerita Agus saat menyampaikan sambutannya di kantor DPP Demokrat.

Agus mengatakan dirinya akhirnya memilih mememnuhi permintaan sejumlah parpol yang mengharapkan dirinya bisa menjadi pemimpin bagi pemerintahan daerah DKI. Dengan berat hati, ucapnya, ia terpaksa harus meninggalkan profesinya sebagai prajurit TNI dan bersiap maju sebagai cagub DKI.

"Moho maaf. Sejatinya dari TNI pulalah saya belajar dan memiliki prinsip mengabdi untuk masyarakat, negara, bangsa tanpa mengenal batas waktu dan wilayah penugasan. Saya memiliki tujuan baik jika Allah SWT mengijinkan dan saudara-saudara sya masyaraka Jakarta memberikan kepercayaan kepada saya. Saya bertekad untuk DKI menjadi semakin maju," tandasnya.

KEYWORD :

Pilkada DKI Jakarta Agus Yudhoyono Jurnas.com




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :