Senin, 13/05/2024 11:51 WIB

Kemendes PDTT Mulai Fokus soal New Normal

Gus Menteri mengatakan, New Normal kuncinya hanya ada tiga aspek, yakni mencuci tangan, memakai masker, juga menjaga jarak

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar resmikan Program TEKAD secara daring (Mugi/Humas Kemendes)

Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abul Halim Iskandar mengakui jika Kementerian yang dipimpinnya mulai fokus untuk hadapi New Normal atau Kenormalan baru di era pandemi Virus Corona (Covid-19) ini.

"Kita sudah mulai fokus dengan New Normal Desa dan sudah mulai kita diskusikan terkait tentang ini tetapi dalam waktu singkat akan dirumuskan lebih massif dan detail," ujar Menteri Halim.

Kondisi New Normal, kata Menteri Halim, harus segera dirumuskan karena pada desa harus lebih lebih siap lagi hadapi situasi New Normal pada konteks pertahanan diri dan lingkungannya untuk tidak terdampak Covid-19.

Gus Menteri, sapaan akrabnya, juga memberikan gambaran protokol New Normal yang bakal diterapkan di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan termasuk untuk desa tentunya.

"Pada intinya, protokol New Normal tingkat desa itu berisi berbagai macam protokol yang dikeluarkan oleh berbagai Kementerian dan lembaga," kata Mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini.

Ia mencontohkan, terkait urusan penanganan sektor kesehatan, maka Kemendes merujuk Protokol Kesehatan yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan. Begitu juga jika berkaitan urusan pemerintahan dan kemasyarakatan, bakal merujuk pada Protokol New Normal di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Gus Menteri mengatakan jika Kemendes PDTT bakal mengisi ruang kosong dari protokol-protokol itu dan memberikan ruang cukup luas ke tiap desa untuk melakukan imporvisasi lakukan protokol New Normal sesuai dengan akar budaya, adat istiadat masing-masing.

"Sehingga penerapan protokol tingkat desa tidak hanya bertumpu dari berbagai protokol dari Kementerian dan Lembaga terkait tapi juga bertumpu pada akar budaya masing-masing desa hingga kearifan lokal tetap menjadi perhatian utama dengan perhatikan kesehatan masyarakat, tidak terdampak dan memutus mata rantai penularan Covid-19," kata Gus Menteri.

Gus Menteri mengatakan, New Normal kuncinya hanya ada tiga aspek, yakni mencuci tangan, memakai masker, juga menjaga jarak.

"New normal kuncinya ada 3. Yakni mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Jadi di kantor, di masjid, dan dimanapun pada dasarnya inti dari kehidupan new normal adalah melaksanakan ketiga poin tersebut," ujar Gus Menteri.

 

KEYWORD :

Kinerja Menteri Desa New Normal Desa Kemendes PDTT




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :