Minggu, 28/04/2024 23:36 WIB

Gerindra Diminta Tak Dukung Calon Terindikasi Korupsi

Partai Gerindra diminta untuk tidak mendukung Tafdil yang merupakan bupati Bombana yang diduga terindikasi korupsi.

Ilustrasi

Jakarta - Partai Gerindra diminta untuk tidak mendukung Tafdil, Bupati Bombana yang terindikasi korupsi terkait pemberian izin usaha pertambangan ke PT. Anugrah Harisma Barakah. Kasus ini sudah menyeret Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam sebagai tersangka.

Koordinator Komite Anti Korupsi Indonesia (KAKI) Nanang Junaedi mengatakan, partai besutan Prabowo Subianto itu seharusnya belajar dari pengalaman. Sehingga, tidak terulang kasus Kabupaten Rokan Hulu pada Pilkada 2015 dan menang tapi Partai Gerindra tercoreng karena bupati yang diusung ternyata terlibat korupsi.

"Kami sangat menyayangkan Partai Gerindra dan PAN yang menurut informasi sudah mengeluarkan rekomendasi untuk mengusung Tafdil sebagai calon Bupati Bombana pada Pilkada serentak 2017," kata Nanang, dalam siaran pers yang diterima wartawan, Selasa (6/9).

Menurutnya, jika Gerindra tidak ingin dicap sebagai partai pendukung koruptor, maka sebaiknya dukungan tersebut dipikir ulang.

Dalam kesempatan itu, Nanang juga meminta KPUD Bombana untuk mendiskualifikasi calon kepala daerah yang terindikasi kuat akan menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi yang sedang disidik KPK.

"Hal ini dilakukan supaya Pilkada tidak sia-sia digelar. Sudah rumit tapi hasilnya lahir pemimpin yang dijadikan tersangka oleh KPK," tegasnya.

Selain itu, Nanang mendukung upaya KPK memanggil Bupati Bombana‎ ‎Tafdil yang diduga menerima aliran dana hasil suap untuk pemberian izin usaha pertambangan nickel ke PT Anugrah Harisma Barakah di Kabupaten Buton dan Bombana provinsi Sultra.

"Sudah sangat cukup bukti bagi KPK bahwa dari PPATK adanya keterlibatan dua pimpinan daerah itu dalam kasus yang menjerat Nur Alam ini. Mengingat, izin tambang nikel yang dikeluarkan Nur Alam untuk PT AHB tersebut atas rekomendasi Samsu Umar dan Tafdil Bupati Bombana," tegasnya.

KEYWORD :

Pilkada 2017 Gerindra Calon Kepala Daerah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :