Selasa, 30/04/2024 02:00 WIB

Politisi AS Desak Direktur WHO Mengundurkan Diri

Anggota parlemen Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik menyarankan Presiden AS Donald Trump menahan bantuan untuk Badan Kesehatan Dunia (WHO), sampai Direktur Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus mengundurkan diri.

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (Dirjen WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com - Anggota parlemen Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik menyarankan Presiden AS Donald Trump menahan bantuan untuk Badan Kesehatan Dunia (WHO), sampai Direktur Jenderal Tedros Adhanom Ghebreyesus mengundurkan diri.

Dikutip dari Reuters pada Jumat (17/4), 17 politisi Republik di Dewan Urusan Luar Negeri Dewan Perwakilan Rakyat menulis surat kepada Trump, yang mendukung langkahnya menahan pendanaan untuk WHO.

Dalam surat tersebut, Partai Republik mengatakan telah kehilangan kepercayaan pada Tedros, dan menyalahkan WHO serta Partai Komunis China atas tingkat krisis kesehatan global saat ini.

"Namun, sangat penting bahwa kita bertindak cepat untuk memastikan ketidakberpihakan, transparansi, dan legitimasi lembaga yang berharga ini," kata surat itu, yang dipimpin oleh Perwakilan Mike McCaul, komite peringkat Partai Republik.

Juga pada Kamis (16/4) kkemarin, delapan Senat Republik menulis kepada Trump memintanya untuk bekerja dengan negara-negara seperti Jepang, Korea Selatan dan negara-negara Eropa untuk menyelidiki asal-usul Covid-19.

Diketahui, Trump menyebut WHO telah mempromosikan "disinformasi" China tentang virus corona, dan terlalu toleran dengan Beijing.

KEYWORD :

Direktur WHO Amerika Serikat Donald Trump




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :