Sabtu, 04/05/2024 08:04 WIB

Owi/ Butet Akan Diarak Hingga ke Istana

Tontowi/ Liliyana peraih emas Olimpiade

Peraih medali emas Olimpiade 2016 Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akan diarak pada hari ini dan Rabu (24/8) besok. Owi/ Butet akan diarak bersama dengan atlet lain menggunakan bus bandros yang didatangkan dari Pemerintah Kota Bandung.

Tontowi/Liliyana dan rombongan akan tiba Selasa (23/8) pukul 15.30 WIB di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Begitu pesawat yang mereka tumpangi, Qatar Airways nomor penerbangan QR 956 mendarat, akan langsung disambut dengan siraman air dari mobil pemadam kebakaran atau water salute sebagai bentuk apresiasi atas prestasi mereka.

Rombongan atlet dan ofisial akan meninggalkan bandara dengan bus bandros. Peraih medali emas, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir, ditempatkan di bagian atas.

Inilah rute yang akan ditempuh. Bus dan rombongan mulai bergerak ke tengah ibukota melalui jalan tol, keluar di pintu Semanggi, berputar di jembatan TVRI, lalu mengitari kawasan Gelora Bung Karno mulai dari Hotel Mulia, lampu merah Hotel Fairmont, FX Plaza, Hotel The Sultan, JCC, dan finis di kantor Kemenpora.

Pada Rabu (24/8) acara arak-arakan akan dilanjutkan. Arak-arakan dimulai jam 08.30 WIB dari kantor Kemenpora menuju Pintu VII GBK Senayan, menuju Jalan Sudirman, Jalan MH. Thamrin, dan langsung ke Istana.

Olimpiade ke-31 di Rio de Janeiro, Brasil, berakhir Minggu malam (Senin pagi WIB), ditandai dengan pesta semarak pada acara penutupan di Stadion Maracana,

Amerika Serikat kembali menunjukkan superiotasnya di dunia olahraga dengan tampil sebagai juara umum Olimpiade ke-31 ini.

Dengan perolehan 46 medali emas, 37 perak, dan 38 perunggu, Amerika Serikat jauh mengungguli negara-negara peserta lainnya di Olimpiade 2016.

Sementara kontingen Indonesia pada Olimpiade di Rio de Janeiro tahun ini berhasil menyelesaikan misinya yaitu "menjemput" medali emas yang pernah hilang pada Oimpiade London 2012.

Indonesia meraih satu medali emas dan dua perak, atau lebih bagus dibanding ketika hanya medapat satu perak satu perunggu pada London 2012.

Medali emas diraih pada cabang bulu tangkis, sedangkan dua perak diraih melalui cabang angkat besi.

Cabang lainnya yang diikuti Indonesia, yakni panahan, atletik, renang, balap sepeda BMX dan dayung gagal mempersembahkan medali.

Kemenangan pasangan Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir pada final bulu tangkis ganda campuran, menempatkan kembali Indonesia di deretan negara-negara peraih emas Olmpiade.

Dalam peringkat medali, Indonesia menempati peringkat ke-46 dari 205 negara peserta Olimpiade 2016. Posisi tersebut lebih baik dibanding pada Olimpiade 2012, ketika itu Indonesia berada di urutan ke-63.

KEYWORD :

Olimpiade emas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :