Senin, 29/04/2024 22:47 WIB

Cegah Corona, Maskapai AS Terapkan "Check-in" Tiga Jam

Maskapai Amerika Serikat (AS), American Airlines meminta para penumpangnya untuk datang tiga jam lebih awal untuk proses check-in.

American Airlines (Foto: Getty)

Washington, Jurnas.com - Maskapai Amerika Serikat (AS), American Airlines meminta para penumpangnya untuk datang tiga jam lebih awal untuk proses check-in.

Kebijakan ini dilakukan menyusul pengumuman Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS) AS, terkait pembatasan terhadap warga Amerika yang baru-baru ini mengunjungi China, guna mencegah wabah virus corona.

"Penumpang diharapkan tiba di bandara tiga jam lebih awal, karena kami berharap penyaringan tambahan ini akan memperpanjang proses check-in normal," demikian keterangan maskapai pada Senin (3/2).

AS sebelumnya mengatakan bahwa seluruh penerbangan yang berangkat setelah jam 5 sore pada Minggu kemarin, akan melarang masuknya hampir semua pengunjung asing yang telah berada di China dalam dua minggu terakhir.

Presiden AS Donald Trump membatasi penerbangan dari China dan bagi orang Amerika yang telah mengunjungi China dalam 14 hari terakhir, ke delapan bandara utama AS.

Dikutip dari Reuters, kedelapan bandara tersebut ialah JFK New York, Chicago O`Hare, San Francisco, Seattle-Tacoma, Honolulu, Los Angeles, Atlanta dan Dulles di Washington DC.

Tiga bandara lagi yakni Newark, Dallas/Fort Worth, dan Detroit akan ditambahkan dalam daftar pada Senin ini menurut keterangan Departemen Keamanan Dalam Negeri AS.

American Airlines telah menghentikan sementara semua penerbangan ke daratan China pada Jumat pekan lalu. Sedangkan Delta Air Lines mengatakan, penerbangan terakhirnya telah meninggalkan China hingga dibuka lagi pada Mei nanti.

United Airlines dijadwalkan untuk melanjutkan penerbangan ke China hingga Rabu lusa, sebelum menghentikan penerbangan hingga 27 Maret.

DHS memperingatkan bahwa para pelancong yang tidak berhubungan dengan China, akan dialihkan ke salah satu bandara pemeriksaan jika ditemukan pernah berada satu penerbangan dengan orang lain yang telah berada di China dalam 14 hari terakhir.

Sementara warga Amerika yang telah berada di provinsi Hubei, China dalam waktu 14 hari setelah mereka kembali, akan dikenakan karantina wajib hingga 14 hari.

KEYWORD :

Virus Corona China American Airlines Maskapai AS Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :