Jum'at, 26/04/2024 16:01 WIB

Bom Baghdad, Jumlah Tewas Bertambah

Banyak dari mereka yang tewas dalam serangan bom itu adalah anak-anak. 

Baghdad_ Serangan bom di Ibu Kota Baghdad bertambah jumlahnya dari sebelumnya 79 orang, kini menjadi 125 orang tewas. Otoritas Irak mengatakan, bahkan kemungkinan masih akan bertambah.  Lebih dari 150 orang mengalami luka-luka, sebagian dalam kondisi kritis. Kelompok yang menamakan diri Negara Islam (ISIS) mengaku berada di balik kedua serangan.

Menurut para pejabat keamanan, terdapat dua serangan terpisah. Bom pertama diledakkan di kompleks pertokoan di distrik Karrad  Baghdad. Saat kejadian, jalan di depan pertokoan itu tengah diramaikan warga yang berbelanja dan mencari makan untuk sahur di bulan suci Ramadan yang merupakan pekan terakhir.

Bom kedua meledak di wilayah yang mayoritas penduduknya warga Syiah di Baghdad utara, yang menewaskan lima orang.
Banyak dari mereka yang tewas dalam serangan bom itu adalah anak-anak.  Ledakan ini menyebabkan kebakaran berskala besar di jalan utama. Beberapa bangunan rusak parah dan terus terbakar hingga Minggu dini hari.

Perdana Menteri Irak Haider al-Abadi mengunjungi lokasi kejadian pada Minggu (03/07), namun kehadirannya justru disambut kemarahan warga. Menanggapi serangan ini, Gedung Putih mengatakan serangan tersebut hanya memperkuat tekad Amerika Serikat untuk melumpuhkan ISIS.

Ledakan bom, salah-satu yang mematikan di Irak tahun ini, terjadi sepekan setelah pasukan keamanan Irak merebut kembali kota Falluja dari kelompok militan yang menamakan Negara Islam atau ISIS. (bbc)

 

 

KEYWORD :

Bom Baghdad




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :