Jum'at, 10/05/2024 02:23 WIB

Devisa Hasil Ekspor Oktober Capai US$ 12 Miliar

Masih banyak eksportir yang belum mengonversi devisa yang mereka dapat ke mata uang rupiah karena faktor kebutuhan

Bank Indonesia

Jakarta, Jurnas.com - Total Devisa Hasil Ekspor (DHE) bulan Oktober 2019 mencapai US$ 12 miliar. Hasil ini diperoleh dari 80 persen data dan dokumen eksportir yang telah dikaji Bank Indonesia (BI).

"Tingkat kepatuhan (compliance) juga terbilang baik karena laporan ini mencakup sekitar 90 persen dari perusahaan yang ada," kata Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti, Jumat (27/12/2019).

Menurut Destry, belum semua devisa yang dihasilkan dikonversikan ke mata uang rupiah. Masih banyak eksportir yang belum mengonversi devisa yang mereka dapat ke mata uang rupiah karena faktor kebutuhan.

"Kami memahami bahwa ada beberapa eksportir yang masih membutuhkan dolar untuk membiayai impor mereka," jelas Destry.

Sebanyak 95 persen dari DHE itu masuk ke dalam bank domestik. Ini dinilai sebagai hal positif karena banyaknya devisa yang berada di bank domestik akan menambah suplai devisa di pasar dalam negeri.

"Sekitar 95 persen dari devisa itu masuk ke bank domestik. Bahkan di bulan Oktober, compliancenya lebih tinggi dibandingkan di bulan September," ujar Destry.

Melimpahnya DHE pada bank domestik, juga berdampak pada nilai mata uang. Menurutnya, hal ini diperlukan Indonesia agar nilai mata uang Rupiah tetap stabil.

KEYWORD :

Bank Indonesia Devisa Hasil Ekspor Destry Damayanti




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :