Senin, 29/04/2024 21:48 WIB

Pre Marital Checkup untuk Pria Sangat Diperlukan

Tak hanya bagi perempuan, pre-marital checkup untuk pria juga sangat diperlukan. 

ilustrasi pernikahan (foto: shutterstock)

Jurnas.com - Dalam kehidupan pernikahan terdapat banyak kasus perempuan kerap disalahkan jika sudah bertahun-tahun belum dikaruniai keturunan. Padahal, kebiasaan yang dilakukan pria sehari-hari juga bisa jadi penyebab sulit punya anak.

Lalu apa saja kebiasaan yang bisa bikin pria tidak subur? Menurut dr Vanessa Mutiara Marcelina gaya hidup cukup berperan dalam meningkatkan ketidaksuburan.

"Contohnya kebiasaan minum alkohol yang berdampak langsung pada sel yang memproduksi hormon testoteron yang menyebabkan kadar hormon berkurang dalam darah," ucapnya dokter dari RS Mitra Keluarga ini.

Selain alkohol, merokok juga memberi pengaruh yg kurang lebih sama bisa menyebabkan masalah pada kualitas air mani hingga menganggu keseimbangan hormon.

Selanjutnya ialah kebiasaan begadang, menunda tidur hingga dapat mengurangi kesuburan pria karena mengurangi jumlah sperma yang dihasilkan. "Pria yang sering tidur larut malam mengalami penurunan jumlah sperma hingga 25 persen," ucapnya.

Dan selanjutnya ialah junkfood seperti gorengan dan makanan cepat saji bisa menyebabkan penurunan kesuburan hingga kemandulan. Kebiasaan konsumsi junk food dapat menyebabkan obesitas yang bisa menyebabkan ketidaksuburan.

"MCU sangatlah penting karena bertujuan mendeteksi dini penyakit yang terdapat dalam tubuh sebelum timbul gejala sehingga penanganan lebih cepat dan optimal," ucapnya.

 

KEYWORD :

Premarital Checkup Kesehatan Pria




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :