Sabtu, 18/05/2024 22:02 WIB

Rusia Minta AS Pertukaran Tahanan

Rusia mengusulkan, Amerika Serikat memberikan pembebasan pilot Rusia yang dipenjara dengan imbalan warga AS yang ditahan di Rusia, Senin (01/07) waktu setempat.

Pilot Rusia yang ditahan AS (foto: The National)

Jakarta, Jurnas.com - Rusia mengusulkan, Amerika Serikat memberikan pembebasan pilot Rusia yang dipenjara dengan imbalan warga AS yang ditahan di Rusia, Senin (01/07) waktu setempat.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov mengatakan, Konstantin Yaroshenko, yang menjalani hukuman 20 tahun di Amerika Serikat karena konspirasi penyelundupan kokain, dapat ditukar dengan seorang warga Amerika yang dipenjara di Rusia.

Ryabkov juga menyerukan agar kesepakatan seperti itu diselesaikan sebelum putusan dicapai dalam kasus warga negara AS Paul Whelan, yang ditangkap dengan tuduhan mata-mata pada bulan Desember.

"Kami ingin menyerukan kepada AS untuk menyelesaikan situasi dengan dasar yang masuk akal, seimbang, bahkan tidak menunggu vonis pada Whelan," kata Ryabkov dikutip The National, Selasa (02/07).

Whelan menghadapi hukuman 20 tahun penjara jika dinyatakan bersalah atas dakwaan setelah ia ditangkap karena diduga membawa flash drive yang berisi informasi rahasia Rusia.

Andrea Kalan, juru bicara Kedutaan Besar AS di Moskow, mengatakan pemerintah Rusia menolak permintaan untuk mengizinkan Whelan menerima ujian medis luar, karena kesehatannya telah menurun.

"Paul Whelan mendapatkan perawatan medis dasar di Lefortovo tetapi membutuhkan lebih dari yang bisa diberikan penjara," katanya.

KEYWORD :

Pertukaran Tahanan Rusia Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :