Kamis, 02/05/2024 08:17 WIB

Serangan Tanker, Trump: Iran Negara Teror

Trump menuduh negara tersebut bertanggung jawab atas serangan terhadap kapal tanker di Teluk Oman, pada Kamis (13/6) kemarin.

Trump berbicara kepada para tamu di Forum Kepemimpinan NRA-ILA pada Pertemuan dan Pameran Tahunan NRA ke-148 (Foto: Scott Olson / Getty Images / AFP)

Washington, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyebut Iran sebagai "negara teror," sekaligus menuduh negara tersebut bertanggung jawab atas serangan terhadap kapal tanker di Teluk Oman, pada Kamis (13/6) kemarin.

"Serangan Kamis itu Iran yang melakukannya," kata Trump kepada Fox News pada Jumat (14/6).

Iran membantah terlibat dalam serangan itu, namun Komando Sentral AS merilis rekaman yang menunjukkan bahwa Garda Revolusi Iran mengeluarkan tambang limpet yang tidak meledak dari kapal tanker milik Jepang, Kokuka Courageous.

Trump tidak melihat kemungkinan respons AS terhadap serangan itu, dengan mengatakan AS telah "sangat tangguh dalam sanksi."

Dia menambahkan, "Mereka telah diberitahu dalam istilah yang sangat kuat bahwa kami ingin mengembalikan mereka ke atas meja."

Serangan kapal tanker itu bertepatan dengan kunjungan Perdana Menteri Jepang Abe Shinzo ke Iran. Abe, yang notabene sekutu Trump, telah mengambil langkah bernegosiasi dengan Teheran.

KEYWORD :

Amerika Serikat Iran Serangan Tanker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :