Sabtu, 27/04/2024 20:09 WIB

Ayatollah Khamenei: Barat Tidak Dapat Hentikan Iran Bangun Senjata Nuklir

Klaim bahwa Teheran mungkin mengejar senjata nuklir adalah alasan palsu yang digunakan oleh pemangku kepentingan internasional yang tidak dapat dipercaya.

Bendera Iran melambai di depan markas Badan Energi Atom Internasional (IAEA) di Wina, Austria pada 23 Mei 2021. (Foto: Reuters/Leonhard Foeger)

Teheran, Jurnas.com – Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, mengatakan klaim bahwa Teheran mungkin mengejar senjata nuklir adalah alasan palsu yang digunakan oleh pemangku kepentingan internasional yang tidak dapat dipercaya.

Dia mengatakan kepada sekelompok pejabat nuklir dan ilmuwan di Teheran pada Minggu bahwa nilai-nilai Islam mencegah Iran mengejar senjata pemusnah massal.

"Jika bukan karena itu dan kami ingin melakukannya, mereka tidak akan bisa menghentikannya, sama seperti mereka tidak bisa menghentikan kemajuan nuklir kami dan tidak akan bisa," kata Khamenei.

"Alasan senjata nuklir adalah bohong, ini bukan masalahnya, ada hal lain yang sedang dimainkan. Mereka tahu bahwa kemajuan nuklir akan menjadi kunci kemajuan dalam isu-isu lain di negara ini," sambungnya.

Iran saat ini memperkaya uranium hingga 60 persen, yang merupakan langkah teknis singkat dari kemurnian lebih dari 90 persen yang diperlukan untuk sebuah bom, dan dikatakan telah mengumpulkan cukup bahan fisil untuk lebih dari satu bom.

Tetapi sumber dan pemantau intelijen Barat mengatakan tidak ada tanda-tanda bahwa Teheran saat ini sedang bekerja untuk memproduksi bom.

Dia mengatakan dua dekade tantangan dengan kekuatan dunia yang berasal dari program nuklir negara itu telah menunjukkan bahwa beberapa dari mereka, bersama dengan Badan Energi Atom Internasional (IAEA), tidak dapat diandalkan untuk sepenuhnya melaksanakan komitmen mereka.

"Salah satu pencapaian dari tantangan 20 tahun ini adalah kami menyadari bahwa kami tidak dapat mempercayai kata-kata mereka," katanya.

Khamenei menekankan bahwa kerja sama dengan pengawas nuklir PBB harus berlanjut dalam kerangka perjanjian perlindungan dan sesuai dengan undang-undang yang disahkan oleh parlemen Iran pada akhir tahun 2020 yang membuka jalan untuk memajukan program nuklir Iran.

"Anda mungkin membuat kesepakatan pada beberapa masalah, tidak ada masalah dengan itu, tapi pastikan infrastruktur industri nuklir tetap utuh," katanya, setelah mengunjungi pameran yang menampilkan sentrifugal canggih IR-6 Iran.

Iran dan IAEA mencapai kesepakatan untuk memperkuat kerja sama mereka pada awal Maret, untuk menyelesaikan kasus-kasus yang dipertahankan Teheran perlu diselesaikan sebelum kesepakatan nuklir negara itu tahun 2015 dengan kekuatan dunia – yang ditinggalkan secara sepihak oleh Amerika Serikat pada tahun 2018 – dapat dipulihkan .

Badan tersebut mengatakan awal bulan ini bahwa saat ini tidak ada pertanyaan lebih lanjut tentang dua dari empat kasus di sekitar lokasi nuklir setelah Iran memberikan jawaban yang masuk akal.

Ini berarti bahwa pihak Barat dalam kesepakatan nuklir, yang telah berulang kali menyalahkan Teheran karena kurangnya kerja sama dengan pengawas, tidak mengajukan resolusi kecaman pada pertemuan dewan IAEA terakhir minggu lalu, seperti yang mereka lakukan pada dua kesempatan sebelumnya.

Tetapi para pemangku kepentingan tampaknya tidak lebih dekat untuk memulihkan Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), sebagaimana kesepakatan nuklir secara resmi diketahui, di tengah laporan media minggu ini yang mengisyaratkan bahwa kemajuan telah dibuat pada kesepakatan, atau bahwa kesepakatan sementara mungkin sedang dikerjakan.

Presiden Iran, Ebrahim Raisi dan rekannya dari Prancis Emmanuel Macron melakukan panggilan telepon pada hari Sabtu yang menyentuh masalah nuklir.

Kantor presiden Iran mengatakan Raisi mengatakan kepada Macron selama seruan 90 menit untuk tidak "mempolitisasi" atau terlibat dalam perilaku "tidak konstruktif" dalam kasus nuklir, sementara kantor Macron mengatakan dia membahas keprihatinan Prancis dengan lintasan program nuklir Iran.

Sementara itu, Washington terus menjatuhkan sanksi terhadap Teheran, yang terbaru menargetkan program rudal Iran awal pekan ini setelah Korps Pengawal Revolusi Islam meluncurkan rudal balistik hipersonik pertama negara itu.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Ayatollah Ali Khamenei Konflik AS dan Iran Bom Nuklir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :