Selasa, 14/05/2024 12:08 WIB

Pemimpin Iran Ayatollah Ali Khamenei akan Balas Serangan Israel yang Tewaskan Dua Jenderalnya

Pemimpin Iran Ayatollah Ali Khamenei akan Balas Serangan Israel yang Tewaskan Dua Jenderalnya
 

Pemimpin Iran Ayatollah Ali Khamenei akan Balas Serangan Israel yang Tewaskan Dua Jenderalnya (FOTO: KHAMENEI.IR)

JAKARTA - Ayatollah Ali Khamenei berjanji akan membalas dendam atas serangan udara Israel di Suriah yang menewaskan perwira senior militer.

Pemimpin tertinggi Iran menyatakan pada hari Selasa (2/4/2024) bahwa “Israel akan dihukum” atas serangan yang menewaskan anggota Garda Revolusi, termasuk dua jenderal, di kedutaan Iran di Damaskus.

Serangan dan retorika tersebut telah menimbulkan kekhawatiran bahwa perang Israel di Gaza mengancam akan meningkatkan konflik besar di wilayah tersebut.

“Rezim jahat Zionis akan dihukum di tangan orang-orang pemberani kita. Kami akan membuat mereka menyesali kejahatan ini dan kejahatan lainnya,” kata Ayatollah Ali Khamenei dalam pesan yang dipublikasikan di situs resminya.

Pernyataan itu muncul ketika televisi pemerintah Iran melaporkan bahwa jumlah korban tewas akibat serangan itu meningkat menjadi 13 orang, termasuk tujuh warga Iran dan enam warga Suriah.

Sebelumnya, Presiden Iran Ebrahim Raisi menyatakan bahwa “kejahatan pengecut tidak akan dibiarkan begitu saja.”

“Setelah gagal menghancurkan keinginan kelompok perlawanan, rezim Zionis (Israel) telah memasukkan kembali pembunuhan buta ke dalam agendanya untuk menyelamatkan diri,” katanya.

Hizbullah, kelompok bersenjata yang berafiliasi dengan Iran dan telah melakukan serangan dengan Israel di perbatasan dengan Lebanon dalam beberapa bulan terakhir, ikut serta dalam peringatan bahwa serangan terhadap kedutaan Iran “tidak akan terjadi tanpa musuh menerima hukuman dan balas dendam”.

Harga mahal

Israel belum menyatakan tanggung jawab atas serangan Suriah, yang menghancurkan gedung konsulat yang berdekatan dengan gedung utama kedutaan di distrik kelas atas Mezzeh di Damaskus pada Senin malam (1/4/2024).

Namun, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant melontarkan nada menantang dalam komentar yang dibuat pada hari Selasa, meskipun tanpa menyebut Iran.

Israel sedang berperang di berbagai bidang “baik secara ofensif maupun defensif,” ujarnya kepada Komite Pertahanan dan Urusan Luar Negeri di parlemen.

“Kami beroperasi di mana saja, setiap hari, untuk mencegah musuh-musuh kami memperoleh kekuatan dan untuk memperjelas kepada siapa pun yang bertindak melawan kami – di seluruh Timur Tengah – bahwa akibat dari tindakan terhadap Israel akan sangat mahal. ”

Respon yang kuat

Serangan tersebut semakin memperumit situasi di Timur Tengah, di mana ketegangan meningkat sejak pecahnya perang Gaza pada bulan Oktober.

Teheran berusaha menghindari konflik langsung dengan Israel, sambil mendukung sekutunya yang terlibat dengan sasaran Israel dan AS. Namun insiden terbaru ini dikhawatirkan dapat memperluas permusuhan.

“Jika Iran tidak merespons dengan cukup kuat, banyak orang di sini percaya bahwa hal itu akan dilihat sebagai tanda kelemahan, tidak hanya bagi Israel dan Amerika Serikat, tetapi juga bagi sejumlah proksinya di kawasan,” lapor Dorsa Jabbari dari Al Jazeera di Teheran.

“Jika Iran bereaksi keras, hal ini bisa menimbulkan risiko konfrontasi penuh dengan AS,” tambahnya. “Ini benar-benar momen yang sulit.”

Di tengah ketegangan tersebut, Dewan Keamanan PBB akan membahas situasi tersebut dalam sesi khusus yang diminta oleh Rusia, sekutu Suriah dan Iran.

Tiongkok mengutuk serangan itu, dan bersikeras bahwa keamanan institusi diplomatik “tidak dapat dilanggar”. Sementara itu, UE telah meminta semua pihak untuk menahan diri.

Namun, Jabbari menyatakan bahwa “retorika yang datang dari para pejabat Iran, serta pemimpin tertinggi, mengindikasikan akan ada tanggapan yang kuat”. (*)

 

 

KEYWORD :

Israel Teroris Ayatollah Ali Khamenei Iran Israel Suriah Gaza




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :