Jum'at, 26/04/2024 18:25 WIB

Simulasi Hasil Quick Count, KIK Raih 349 Kursi DPR alias Kuasai 60,7 Persen Parlemen

Berdasarkan simulasi quick count yang dilakukan disetiap dapil DPR RI, maka Koalisi Indonesia Kerja setidaknya mendapatkan 349 kursi atau 60.7%.

Hasto Kristiyanto

Jakarta, Jurnas.com - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, proses rekapitulasi manual secara berjenjang memastikan kemenangan paslon Jokowi-KH Ma`ruf Amin.

Kata Hasto, hal ini membuktikan bahwa quick count lembaga-lembaga kredible tidak pernah meleset karena bertumpu pada metode ilmiah, dan sangat akurat, karena seluruh data diambil berdasarkan dokumen otentik C1 Plano.

"Kemenangan rakyat semakin mengukuhkan kepemimpinan Jokowi-KH Ma`ruf Amin dengan selisih suara diperkirakan lebih dari 18.5 juta suara," ujar Hasto, Senin (29/4/2019).

Kata Hasto, berdasarkan simulasi quick count yang dilakukan disetiap dapil DPR RI, maka Koalisi Indonesia Kerja setidaknya mendapatkan 349 kursi atau 60.7%.

"Ini suatu dukungan yang akan memerkuat sistem presidensial. Selamat buat Pak Jokowi-KH Ma`ruf Amin," jelas Hasto.

Hasto yang juga Sekretaris TKN 01 menilai, apa yang nampak dari hasil pemilu serentak tersebut menunjukkan peningkatan kualitas demokrasi di Indonesia, berupa optimisme hadirnya pemerintahan yang semakin solid, efektif, dengan koalisi yang dibangun matang jauh sebelum tahapan pemilu berlangsung.

"Pemerintahan kedua Pak Jokowi tidak hanya makin efektif dan solid. Konfigurasi politik pun semakin matang dimana legitimasi yang diberikan rakyat ke Jokowi-KH Ma`ruf Amin senafas dengan kuatnya dukungan di DPR," jelasnya.

Atas dasar kuatnya legitimasi rakyat dan parlemen tersebut, lanjut Hasto, maka terhadap berbagai issue yang dikembangkan pihak-pihak tertentu yang mencoba melakukan gerakan menghasut rakyat pasti akan berhadapan dengan kekuatan rakyat.

Bagi Hasto, kemenangan Jokowi-KH Ma`ruf Amin membuat kebenaran semakin kuat. Mereka yang berteriak terjadi kecurangan merupakan hal yang biasa terjadi dalam pilkada, pileg dan pilpres. Kesemuanya bagian dari dinamika pemilu.

"Kita move on saja. Saatnya bicara Indonesia ke depan, bagaimana struktur kabinetnya, apa skala prioritas kebijakan Pak Jokowi. Kita juga tidak boleh menyia-nyiakan para pahlawan demokrasi yang telah gugur dalam tugas," jelasnya.

Pada bagian akhir, Hasto menyampaikan PDI Perjuangan mengucapkan selamat bagi seluruh Parpol KIK, termasuk Parpol yang mendukung Pak Prabowo Sandi yang telah mencapai hasil terbaik dalam pemilu jurdil sehingga banyak yang lolos treshold.

"Kami meyakini bahwa Gerindra dan PKS pun puas dengan hasil pemilu yang telah memberikan penambahan kursi bagi kedua Partai tersebut. Tanpa pemilu jurdil dan demokratis, mustahil Gerindra dan PKS bisa melenggang dengan penambahan kursi yang signifikan," tuntas Hasto Kristiyanto, Sekjen PDI Perjuangan.

KEYWORD :

Hasto Quick Count KIK Parlemen




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :