Senin, 29/04/2024 11:14 WIB

Pelamar MAN IC Meningkat, Madrasah Kejuruan Masih "Piloting"

Setidaknya 12.020 siswa mendaftarkan diri ke MAN IC, dibandingkan tahun lalu sebanyak 11.719 siswa.

Seleksi Nasional Peserta Didik Baru Madrasah (Foto: Kemenag)

Jakarta, Jurnas.com – Jumlah siswa yang mendaftarkan diri di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) dalam Seleksi Nasional Peserta Didik Baru Madrasah Aliyah Negeri (SNPDB MAN) tahun ini mengalami peningkatan.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah (KSKK) Kementerian Agama Ahmad Umar menyebut, setidaknya 12.020 siswa mendaftarkan diri ke MAN IC, dibandingkan tahun lalu sebanyak 11.719 siswa.

“Jumlah pendaftar meningkat dari tahun lalu, dari 13 ribu menjadi 14 ribu. Namun setelah dilakukan seleksi administrasi hanya 12 ribu yang lolos untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya,” terang Umar saat dihubungi Jurnas.com pada Senin (15/4).

Selain MAN IC, Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) juga diminati tak kurang dari 177 pendaftar menurut catatan yang diterima oleh redaksi.

Sayangnya, untuk satuan pendidikan kejuruan yang dibangun oleh Kementerian Agama pada 2017 silam tersebut baru terdapat di dua lokasi, yakni Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara (Sulut), sebagai percontohan (piloting).

Adapun SNpDB MAN, sudah digelar pada 13-14 April lalu. Pelaksanaan tahun ini, untuk kali pertama membuka jalur computer-based test (CBT).

Pendaftaran lewat jalur CBT rupanya juga diminati oleh para siswa. Untuk MAN IC, salah satunya, jumlah siswa yang mendaftar sebanyak 10.596 peserta. Sementara untuk MAN Program Keagamaan, jumlahnya 1.619 peserta, dan MAKN sebanyak 133 peserta.

“Dengan CBT, tingkat integritas makin meningat dan pelaksanaan tes sangat terpercaya dan transparan. Hakikat dari pendidikan adalah memperkuat intergritas dan kejujuran,” tutur Umar.

Umar menambahkan, materi seleksi SNDB terdiri dari Tes Potensi Belajar (TPB), dan Tes Akademik yaitu: Matematika, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, PAI, IPA (Fisika dan Biologi).

Seleksi digelar dengan mekanisme computer based test (CBT) pada 69 madrasah yang tersebar di 32 provinsi. Khusus pilihan MAN PK, akan dilakukan juga tes wawancara.

KEYWORD :

MAN Insan Cendekia KSKK Madrasah Ahmad Umar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :