Rabu, 15/05/2024 01:12 WIB

Trump Desak China Hapus Tarif untuk Produk Pertanian AS

Trump juga menunda rencana mengenakan tarif 25 persen untuk barang-barang China, seperti yang dijadwalkan sebelumnya.

Presiden China, Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump (Foto: Getty Images)

Washington, Jurnas.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mendesak China segera menghapus seluruh tarif pada produk pertanian AS, mennyusul pembicaraan perdagangan yang mengalami kemajuan di antara kedua negara.

Dalam keterangan yang diberikan pada Sabtu (2/3), Trump juga menunda rencana mengenakan tarif 25 persen untuk barang-barang China, seperti yang dijadwalkan sebelumnya.

“Saya telah meminta China untuk segera menghapus semua tarif pada produk pertanian kami, termasuk daging, sapi, babi. Berdasarkan fakta bahwa kami bergerak dengan baik dalam diskusi perdagangan,” ujar Trump dikutip dari Reuters.

“Ini sangat penting bagi petani hebat kami, dan saya!” tegas dia.

Pertanian merupakan janji utama dalam kampanye Trump. Perang dagang antara AS dengan Cina telah berdampak besar pada sektor tersebut.

Tahun lalu, Beijing memberlakukan tarif pada impor kedelai, sorgum biji-bijian, daging babi, dan barang-barang lainnya, yang berakibat pada pememangkasan pengiriman produk pertanian Amerika ke China.

Sementara Sekretaris Pertanian AS Sonny Perdue mengatakan minggu ini negosiator perdagangan AS telah meminta China untuk menurunkan tarif etanol AS, tetapi tidak segera jelas apakah Beijing mengindahkan permintaan tersebut.

KEYWORD :

Donald Trump Perang Dagang China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :