Minggu, 28/04/2024 11:35 WIB

Havana Bantah China akan Dirikan Pangkalan Mata-mata di Kuba

Laporan itu mengatakan Beijing dan Havana telah menandatangani perjanjian rahasia untuk fasilitas penyadapan elektronik China yang akan didirikan di pulau Karibia.

Wakil Menteri Luar Negeri Kuba Carlos Fernandez de Cossio, berbicara di Havana pada 8 Juni 2023, menolak sebagai laporan media AS yang berbohong dan tidak berdasar yang menuduh perjanjian dibuat antara Beijing dan Havana untuk memasang pangkalan mata-mata China di pulau itu. (Foto: AFP/Yamil Lage)

JAKARTA, Jurnas.com - Pemerintah Havana membantah laporan berita Amerika Serikat (AS) bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan China untuk mendirikan pangkalan mata-mata di Kuba, tak jauh dari pantai Amerika.

Wakil Menteri Luar Negeri Kuba, Carlos Fernandez de Cossio mengatakan laporan Wall Street Journal (WSJ) dan CNN itu "bohong dan tidak berdasar". Gedung Putih juga menyebut laporan media tersebut tidak akurat.

Laporan itu mengatakan Beijing dan Havana telah menandatangani perjanjian rahasia untuk fasilitas penyadapan elektronik China yang akan didirikan di pulau Karibia yang dapat memantau komunikasi di seluruh AS tenggara.

Wilayah tersebut mencakup markas Komando Pusat dan Selatan AS, keduanya di Florida.

China akan membayar Kuba "beberapa miliar dolar" untuk dapat membangun fasilitas tersebut, kata Journal, mengutip pejabat AS yang tidak disebutkan namanya.

Carlos Fernandez de Cossio, yang membacakan pernyataan kepada wartawan, menyebut laporan itu "sama sekali tidak benar dan tidak berdasar".

Dia mengatakan Kuba menolak semua kehadiran militer asing di Amerika Latin, termasuk banyak pangkalan dan pasukan AS. "Fitnah semacam ini sering dibuat oleh pejabat AS," kata pejabat itu.

Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby mencirikan cerita WSJ sebagai tidak akurat. "Saya telah melihat laporan pers itu. Itu tidak akurat," kata Kirby kepada MSNBC.

"Yang bisa saya katakan adalah bahwa kami telah prihatin sejak hari pertama pemerintahan ini tentang aktivitas pengaruh China di seluruh dunia, tentunya di belahan bumi ini dan di kawasan ini," kata Kirby.

"Kami mengawasi ini dengan sangat cermat," tambahnya.

Juru bicara Pentagon, Pat Ryder juga menyebut laporan Journal itu tidak akurat.

"Kami tidak mengetahui China dan Kuba mengembangkan jenis stasiun mata-mata apa pun," kata Ryder. "Hubungan yang dimiliki kedua negara itu adalah sesuatu yang terus kami pantau."

Namun Senator, Mark Warner dari Partai Demokrat dan Marco Rubio dari Partai Republik, yang mengepalai Komite Intelijen Senat mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka sangat terganggu oleh laporan WSJ tersebut.

"AS harus menanggapi serangan China yang terus-menerus dan kurang ajar terhadap keamanan negara kita," kata mereka. "Kita harus jelas bahwa tidak dapat diterima bagi China untuk mendirikan fasilitas intelijen dalam jarak 100 mil (160 km) dari Florida dan AS."

Laporan WSJ muncul di tengah hubungan yang tegang antara Washington dan Beijing atas berbagai masalah yang mencakup dukungan AS untuk Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri, yang menurut China bertekad untuk bersatu kembali dengan China daratan.

Pemimpin China, Xi Jinping telah mendorong perluasan yang cepat dari kehadiran keamanan negaranya di seluruh dunia, yang bertujuan untuk menyamai jejak luas militer AS di semua benua.

Sebuah pangkalan di Kuba, yang terletak 90 mil dari ujung selatan Florida, akan menghadirkan tantangan paling langsung ke benua AS.

Uni Soviet memiliki fasilitas mata-mata elektronik di Kuba komunis untuk memantau AS.

Tetapi pada tahun 1962 ketika Moskow pindah ke pangkalan rudal nuklir di Kuba, AS mengumumkan karantina pulau itu dalam krisis yang mengancam akan membawa kedua negara adidaya berperang, sampai Moskow mundur.

Washington kemudian menghapus misil berkemampuan nuklirnya dari Turki, yang dipandang Soviet sebagai ancaman bagi mereka.

Awal tahun ini China mengirim apa yang disebut AS sebagai balon pengintai di seluruh AS. Itu melayang dari barat ke timur di atas instalasi militer yang sensitif sebelum ditembak jatuh oleh jet tempur AS.

Sumber: AFP/rc

KEYWORD :

Pangkalan Mata-mata China di Kuba Perang Dadang China-AS Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :