Senin, 29/04/2024 13:18 WIB

Rusia Siap Perpanjang Pipa ke Yunani

Proyek TurkStream adalah pipa gas ekspor yang terdiri dari dua jalur 930-km (577,8 mil) masing-masing dengan kapasitas 15,75 miliar meter kubik.

ilustrasi bendera Rusia (foto: Upi)

Jakarta - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa Rusia siap memperpanjang pipa gas alam TurkStream ke Yunani.

Berbicara pada konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras, Putin mengingatkan bahwa saluran pipa dari Yunani ke Italia belum diisi dengan gas dan itu dapat digunakan untuk transportasi gas dari Rusia ke Eropa selatan melalui Turki.

"Kami sedang mendiskusikan ini dengan mitra Turki dan Yunani kami, dan itu sangat mungkin. Ada saluran pipa yang dibangun dari Yunani ke Italia. Kami dapat berpikir bersama bagaimana mengisi rute ini dengan produk nyata," katanya.

Tsipras, untuk bagiannya, menyuarakan minat negaranya untuk menjadi bagian dari proyek, mengatakan itu akan meningkatkan peran Yunani dalam domain energi regional.

Dia menuduh Uni Eropa memiliki "standar ganda" mengenai TurkStream, mengatakan Komisi Eropa "mencegah" perpanjangan TurkStream ke Yunani.

Proyek TurkStream adalah pipa gas ekspor yang terdiri dari dua jalur 930-km (577,8 mil) masing-masing dengan kapasitas 15,75 miliar meter kubik.

Saluran pipa diatur untuk menyeberang di bawah Laut Hitam dari Rusia ke Turki dan juga memperluas ke perbatasan Turki dengan negara-negara tetangga.

Baris pertama ditujukan untuk pasokan gas ke konsumen Turki, sementara yang kedua adalah memasok gas ke Eropa selatan dan tenggara. (aa)

KEYWORD :

Rusia Yunani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :