Kamis, 02/05/2024 07:32 WIB

Ibu Hamil Boleh Traveling, Syaratnya...

Beberapa hal yang harus diperhatikan di antaranya usia kehamilan, kesehatan, kenyamanan, dan pernyataan izin dari dokter kandungan.

ilustrasi kehamilan

Jakarta - Ibu hamil yang hobi melakukan perjalanan jauh atau traveling ternyata boleh menikmati hobinya. Tetapi tentu saja harus ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum ataupun selama dalam perjalanan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan di antaranya usia kehamilan, kesehatan sang ibu secara umum, kenyamanan selama dalam perjalanan dan pernyataan izin dari dokter kandungan bahwa ibu dan janin dalam kondisi yang sehat dan dapat melakukan perjalanan jauh.

Ibu hamil bisa dikatakan aman untuk melakukan perjalanan jauh ketika sudah menginjak bulan ke lima. Karena biasanya memasuki trisemester kedua yakni saat usia kehamilan 14- 18 minggu, sang ibu hamil tidak lagi mengalami masa morning sickness.

Jika kandungan sudah memasuki akhir trisemester ke tiga maka ibu hamil tidak dianjurkan untuk melakukan perjalanan jauh. Dengan begitu sebelum melakukan perjalanan jauh sebaiknya memeriksakan kondisi kehamilan ke dokter untuk memastikan kesehatan dan kandungan apakah cukup kuat untuk melakukan kegiatan ini.

Selain memerhatikan kesehatan kandungan, ibu juga perlu menyiapkan dan memeriksa alat serta obat-obatan yang mungkin dibutuhkan dalam perjalanan. Agar nyaman, pakai dan membawa salinan pakaian yang Anda rasa nyaman untuk dikenakan saat melakukan perjalanan.

Jika Anda menggunakan pesawat untuk melakukan traveling hal utama yang harus dilakukan adalah menanyakan terlebih dahulu pada maskapai penerbangan untuk memastikan Anda boleh bebergian. Banyak maskapai penerbangan yang memberikan larangan keras bagi ibu hamil yang telah memasuki usia kehamilan di minggu ke -36.

Mayoritas maskapai ini juga biasanya akan meminta keterangan medis untuk meyakinkan apakah ibu hamil boleh terbang pada usia kehamilan trisemester mereka. Jika diperbolehkan, jangan duduk disamping jendela. Ini agar memudahkan anda jika ingin ke kamar mandi atau sekedar meregangkan kaki selama penerbangan.


Hal paling penting lainnya adalah memerhatikan asupan gizi selama perjalanan. Dianjurkan untuk makan secara teratur dan makan makanan ringan untuk mencegah kelelahan dalam perjalanan. Tentu saja mengkonsumsi makanan yang sehat untuk ibu dan bayi.

Selain itu minumlah banyak air untuk menghindari dehidrasi terutama akibat udara kering di dalam kabin pesawat. Ada baiknya hindari minuman soda atau makanan yang bisa menimbulkan gas seperti kacang-kacangan sebelum lepas landas. 

KEYWORD :

Ibu Hamil Hobi Traveling




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :