Selasa, 14/05/2024 18:23 WIB

Paquita Wijaya Angkat Kemistisan Alam dan Budaya Suku Dayak

Pertunjukan teater seni dan budaya dari Suku Dayak akan diangkat dalam pentas teater Bawi Lamus. Siapa saja yang terlibat?

Paquita Wijaya menuangkan ide tulisannya untuk teater Bawi Lamus. (Foto : Jurnas/Ginting)

Jakarta- Sebuah teater tentang kehidupan Suku Dayak di Kalimantan Tengah bertajuk Bawi Lamus akan dipentaskan pada 13 dan 14 Oktober mendatang, di Jakarta Teater, Taman Ismail Marzuki. Sejumlah nama besar di dunia entertain terlibat didalamnya. Sebut saja, Erwin Gutawa sebagai musik director, Jay Subiakto artistiknya, naskah yang ditulis oleh Paquita Wijaya bersama dengan kostumnhya.

Tidak itu saja, nama Sophia Latjuba juga dihadirkan bersama dengan Lea Simanjuntak serta sutaradara teater Inet Leimena.  Munculnya ide tersebut tidak lain atas peran besar dari putra daerah yang juga mantan Gubernur Kalimantan Tengah periode 2005-2015, Teras Narang yang ingin mengangkat seni tradisi Suku Dayang di Kalimantan Tengah. Paquita Wijaya selaku penulis langsung merespon ide tersebut dan menjadikannya sebuah tulisan.

“Banyak yang bisa diangkat dari kehidupan Suku Dayak di Kalimantan Tengah. Mulai dari kemistisan alamnya, kebijakan budaya, keunikan sejarah, dan juga keindahan manusia di Kalimantan yang memberikan pesona inspiratif kepada kami, khususnya saya sebagai penulis,” ungkap Paquita Wijaya, di Ecology Kafe Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (26/9).

Paquita Wijaya juga menuangkan ide tulisannya untuk membumbui simbol khas Kalimantan Tengah dalam kemasan artistik yang akan diapresiasikan oleh Jay Subiakto. Soal musikalitas, Erwin Gutawa akan membangkitkan adrenaline penonton di pertunjukan nanti.

“Iya, ini adalah pertunjukan multietnik yang akan mengangkat empat tema utamanya, alam, manusia, sejarah dan harapan. Itu yang akan menjadi pertunjukan empat pilar di Bawi Lamus ini,” terang Paquita.

Pertunjukan Bawi Lamus ini digagas oleh Sarana Praweda Utama dan Frequent Produstons yang bertujuan untuk menjadi wadahnya para seniman, pekerja kreatif, pengelola pertunjukan, sponsor dan lain sebagainya.

KEYWORD :

Kabar Artis Paquita Wijaya Bawi Lamus




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :