Minggu, 19/05/2024 14:59 WIB

Kemajuan Desa Dinilai Signifikan

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo menyatakan kemajuan desa berkat dana desa (DD) dinilai sangat signifikan setiap tahunnya

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo

Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo menyatakan kemajuan desa berkat dana desa (DD) dinilai sangat signifikan setiap tahunnya.

"Pada awal digulirkan tahun 2015 pengelolaan dana desa tidak mencapai yang diinginkan. Bahkan serapannya hanya terserap 82 persen dari dana desa sebesar Rp 20 triliun. Namun, tahun-tahun berikutnya semakin baik dan kemajuan desa sangat signifikan," katanya

Walau begitu, dikatakan Eko, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap komitmen untuk membangun dari desa. Terbukti, setahun kemudian dana desa ditingkatkan dua kali lipat, dan penyerapan bisa mencapai 96 persen. "Saat ini, dana desa fokus untuk menangani masalah stunting. Sedikitnya 30 persen anak Indonesia berpotensi stunting," bebernya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendes PDTT Anwar Sanusi menambahkan, dalam mengemban amanat Undang-undang (UU) Desa, Kemendes PDTT telah melakukan banyak hal. Salah satunya meletakkan dasar-dasar yang kokoh bagi pembangunan desa untuk lebih mandiri. “Kalau tidak ada dukungan dari para tokoh dan penggiat desa, kami tidak akan ada apa-apanya," ujarnya.

Anwar menuturkan, para penggiat desa adalah aktor yang menggerakkan seluruh komponen desa mampu berjalan beriringan. Sehingga, seluruh program yang ditawarkan pihaknya selalu mendapatkan sambutan positif dari masyarakat. "4 tahun belum seberapa untuk kita melihat desa yang mandiri," ucapnya.

KEYWORD :

Info Kemendes




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :